Selasa, Desember 11, 2012

MBTI tahu dan cabe


MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu alat tes kepribadian yang mengukur kecenderungan perilaku seseorang. MBTI membagi manusia berdasar empat kutub dimensi yang masing-masing dibagi dua dan dilambangkan  oleh 1 huruf. 

Kutub pertama adalah kutub energi (darimana seseorang mendapat energi). Ada orang Ekstrovert (E) yang mendapat energi dari luar dirinya, dan Introvert (I) yang mendapat energi dari dalam dirinya. Ciri singkatnya: orang E akan suka jika kumpul-kumpul dengan orang banyak. Orang I suka kesendirian. Contohnya: kalau orang E pulang kantor capek, dia akan pergi jalan-jalan dulu ketemu orang banyak biar bisa ngisi energinya. Tapi orang I pulang kantor, capek dia akan langsung pulang, masuk kamar, dengerin musik atau baca buku.

Kutub kedua adalah kutub informasi (darimana seseorang mendapat informasi). Ada orang Sensing (S) yang informasinya diambil dari pancainderanya, dan iNtuition (N) yang informasinya dari intuisi. Ciri gampangnya: orang S suka data, fakta yang terlihat dan memikirkan apa yang ada di hadapannya. Orang N suka akan konsep dan memikirkan masa depan.

Kutub ketiga adalah kutub pengambilan keputusan. Ada orang Thinking (T) yang mengambil keputusan berdasar logika, dan orang Feeling (F) yang mengambil keputusan berdasar perasaan. 

Kutub keempat adalah kutub gaya hidup. Ada orang Judging (J) yang gaya hidupnya teratur, terencana, dan orang Perceiving (P) yang gaya hidupnya fleksibel dan spontan. 

Supaya mudah memahami ada contoh sederhana tentang seseorang yang mau makan tahu dan cabe.

Orang I: diam-diam abis 10 tahu, 10 cabe.
Orang E: cerita-cerita dulu ke orang banyak, kalo lagi mau makan tahu sama cabe.

Orang S: makan dulu tahu sama cabenya sampe kenyang, masalah bayarnya belakangan.
Orang N: tahu jangan dimakan sekarang, ditawarin orang dulu siapa tau ada yg beli. cabenya ditanam, bisa jadi perkebunan cabe.

Orang T: 1 tahu harus dimakan sama 1 cabe supaya seimbang.
Orang F: tergantung, kalo cabenya gak pedes 1 tahu, 3 cabe.

Orang J: siapin dulu tahunya, cabenya, air minum yang pas, diatur yang rapi, baru dimakan.
Orang P: abis makan tahu, baru cari cabe. Gak dapet cabe ya tambah aja tahunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar