Minggu, Mei 03, 2009

Pentingnya Pelayanan Anak

Pelayanan sekolah minggu, sering dipandang sebelah mata. Seringkali, orang-orang yang 'tidak terpakai' dalam pelayanan orang dewasa 'dilempar' ke sini. Tapi sudah seharusnya, tindakan itu dihilangkan sama sekali. Pelayanan anak adalah pelayanan yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan paling penting. Let the best run this service. Mengapa? Mari kita lihat.

Yoel 2:15-16 Tiuplah sangkakala di Sion, adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya; 16 kumpulkanlah bangsa ini, kuduskanlah jemaah, himpunkanlah orang-orang yang tua, kumpulkanlah anak-anak, bahkan anak-anak yang menyusu; baiklah penganten laki-laki keluar dari kamarnya, dan penganten perempuan dari kamar tidurnya;

2 Taw 20:13 Sementara itu seluruh Yehuda berdiri di hadapan TUHAN, juga segenap keluarga mereka dengan isteri dan anak-anak mereka.

Anak-anak termasuk dalam gerakan seluruh umat Tuhan. Tuhan tidak pernah memandang anak-anak dengan sebelah mata. Mereka penting sekali di mata Tuhan. Mengapa anak-anak begitu penting? Ada beberapa alasan.

1. Merekalah yang Empunya Kerajaan Sorga

Mat 19:14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."

Kerajaan Sorga itu bukan soal makanan dan minuman, tapi soal kuasa mengatasi dunia, melenyapkan segala penyakit, kelemahan, dan mengusir setan ini (Mat 10:1). Sebagai orang dewasa pun untuk memiliki kuasa ini, kita harus ‘menjadi seperti anak kecil (Mat 18:3-4).

2. Ada Malaikat Mereka di Sorga

Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Mereka punya pasukan perang di sorga.

3. Mereka Memiliki Kuasa di Mulutnya

Maz 8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Keuntungan yang Dimiliki Anak-anak :

  • Mereka tidak pernah kuatir
  • Mereka percaya mutlak
  • Mereka cepat mengampuni
  • Mereka punya imaginasi yang hebat

Ini semua adalah keuntungan yang sangat berperan dalam transformasi keluarga, gereja, dan bangsa. Mereka bisa melakukan banyak hal dengan keuntungan di atas. Berbeda dengan orang dewasa:

  • mereka bisa menginjil tanpa kuatir ditolak,
  • mereka percaya mutlak saat mereka menerima janji Tuhan,
  • mereka cepat mengampuni bila ada yang bersalah (sehingga doa dan persembahan mereka tidak terhalang),
  • dengan imajinasi mereka, mereka mampu memandang segala sesuatu sudah terjadi (beriman) saat mereka berdoa memohon sesuatu.

Itulah sebabnya Tuhan menyuruh kita (orang dewasa ini) untuk menjadi seperti anak kecil bila ingin masuk wilayah Kerajaan Sorga di dunia (dimensi mujizat dan kuasa). Mari lakukan yang terbaik untuk anak-anak. Para orang tua dan guru-guru sekolah minggu, kita punya tanggungjawab besar. Give the best.... semangat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar