Kamis, Mei 07, 2009

Kecapi di Ruang Presiden

Kemarin baca Kompas (Kompas, 6 Mei 2009), agak kaget juga. Di lembar Politik dan Hukum, ada berita tentang ruang kerja Presiden RI. Ada gambar-gambarnya. Letak barang-barang, foto, dan denah ruangannya. Nah, di salah satu sudut ternyata saya temukan ada sebuah alat musik, yaitu kecapi.

Sejak kapan ya ada di situ? Idenya siapa ya? hehe... Jadi ingat cerita Saul dan Daud.

1Samuel 16:23 Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya.

Apa kecapi diletakkan di situ untuk berjaga-jaga ya? Sewaktu-waktu diserang ***** (sensor-red), maka kecapi dimainkan. Atau sekedar simbol kesenian? Atau agar Presiden-presiden RI bisa menyuruh seorang Daud untuk memainkannya, agar mereka tenang? Gimana menurut kamu?

Musik memang punya efek luar biasa. Musik bisa membangun tapi bisa pula merusak. Dengan musik yang tepat, tumbuhan bisa lebih subur, sapi bisa memproduksi susu lebih banyak, manusia bisa lebih pintar, relaks, konsentrasi, dan macam-macam efek positif lain. Sekali lagi ditekankan, bila musiknya TEPAT. (Note: kumpulan hasil penelitian tentang efek musik bisa saudara minta kepada saya ke email).

Sebaliknya, musik yang tidak tepat bisa menyebabkan agresifitas tinggi, adrenalin meningkat, sulit berkonsentrasi, dll. Tanaman bisa mati, dan sapi bisa berhenti produksi. Dalam kantor saya, ada musik yang saya setel. Musik rohani. Membuat saya rileks. Otomatis mengarahkan pikiran saya kepada Tuhan. Inilah kecapi saya.

Musik apa yang mengelilingi Anda? Musik duniawi dengan syair-syair yang menganjurkan perjinahan? pemberontakan? ketidakpatuhan? cinta yg penuh hawa nafsu? atau musik yang memuji Tuhan? cinta yang tanpa syarat? pengorbanan? Presiden RI ternyata punya kecapi di ruangannya, Anda bagaimana?

5 komentar:

  1. oo,
    itu kan kotbahnya papah di gol..

    BalasHapus
  2. kurang lengkap tu . kn harus ny hasil penelitian ny juga dicantumin biar bisa lebih dimengerti .

    BalasHapus
  3. Klo presiden pnya kecapi yg tmptkan di ruangannya,tapi aq pnya lebih dari sekedar kecapi yang aq tmptkan diruang hatiqu yaitu kecapi utk penyembahan kepadaNya.
    -mas yang difoto itu ingetin jgn kelamaan bk mulutnya kasihan giginya nti kering

    BalasHapus
  4. walah mas ... !!! sakno lho nti klo dehidrasi

    BalasHapus
  5. Mas tolong kirimin ke email ku ya...TENTANG "kumpulan hasil penelitian tentang efek musik "
    tak tunggu..GBU

    BalasHapus