Kamis, April 23, 2009

Where are We?

Keluaran 3:17 Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Seorang hamba Tuhan yang saya kagumi, Pdt. Petrus Agung Purnomo, pernah mengajarkan ada 3 masa dalam kehidupan manusia. Pelajaran itu berkesan dalam hidup saya. Dia mempelajari dari kehidupan orang Israel jaman Musa sampai Yosua. Ada 3 masa:

  • Masa di Mesir
    Cirinya: segalanya tidak cukup. Dalam kondisi tertindas. Tidak bebas beribadah kepada Tuhan. Walaupun segalanya tampak teratur (pekerjaannya menjalani rutinitas), namun sesungguhnya dalam kondisi terpenjara. This is the land of not enough.
  • Masa di Padang Gurun
    Cirinya: sudah merdeka, bebas beribadah kepada Tuhan. Namun segalanya hanya cukup untuk sehari. Kebutuhan hari ini bisa dipenuhi di hari ini saja. Besok tidak tahu harus bagaimana. Namun masa ini adalah masa penyertaan Tuhan yang nyata. Mujizat terjadi setiap hari. Pertolongan Tuhan ada di setiap hari. Disinilah pendidikan terjadi. Kita dimatangkan dan didewasakan. This is the land of just enough.
  • Masa di Kanaan
    Cirinya: kemerdekaan penuh. Segalanya tercukupi. Ada banyak sumber-sumber yang berlimpah untuk kita dapatkan. Ada banyak tugas yang harus dilakukan juga. Harus memerangi dan merebut, namun Tuhan yang berperang di depan bangsa. Ada mujizat-mujizat yang sangat luar biasa dalam peperangan. Kewajiban terpenting adalah menjaga kekudusan, memelihara hubungan dengan Tuhan. This is the land of more than enough.

Sampai mana ya saya? God... how i long to get to the promise land soon...

1 komentar:

  1. Great article,
    jadi kembali diingatkan dan disegarkan lg nech,
    btw minggu besok khotbahny apa ya hahaha...
    Susan boyle keluar ga ya :D

    BalasHapus