Rabu, April 08, 2009

Membakar Kapal

Mic 2:13 Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!

Hernando Cortez adalah seorang penjelajah Spanyol yang sangat terkenal karena tindakannya membakar kapal.

Ceritanya begini. Hernando Cortez lahir di sebuah kota kecil di Medellin Spanyol pada tahun 1485. Umur 18 tahun dia mulai berlayar. Dan sejak itu karirnya dalam kemiliteran dan pemerintahan Spanyol terus menanjak.

Pada 21 April 1519, dia mendarat di Veracruz. Di tanah itu, kekaisaran Aztec berkuasa. Dia berdiri di tanah Mexico itu dengan maksud meruntuhkan kekaisaran Aztec yang sedang dalam puncak kejayaannya. Di sinilah dia melakukan tindakannya yang terkenal sepanjang jaman. Dia kumpulkan semua anak buahnya di tepi pantai, kemudian dia berkata kepada mereka."There's no turning point from here."

Dan kata-katanya diwujudkan dengan membakar kapalnya. Tidak ada jalan pulang. Mulai titik itu, mereka akan terus maju atau mati. Tidak ada pilihan untuk mundur. Mereka bersorak sorai melihat terbakarnya kapal mereka. Dan sejarah membuktikan bahwa, Hernando Cortez menjadi penguasa Mexico pertama. KARENA DIA TERUS MAJU.

Banyak orang gagal, karena mereka menyiapkan jalan untuk mundur. Dan tentu segera menggunakannya begitu ada sedikit tantangan. Hernando Cortez menutup jalan belakannya, sehingga dia HARUS terus maju, atau mati dalam perjuangannya untuk maju.

Gal 2:5 Tetapi sesaatpun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu.

Paulus memberi teladan serupa. Ia tidak mau mundur.

  • Bagi anak muda, membakar kapal mungkin berupa membersihkan komputer kita dari materi-materi pornografi simpanan,
  • Bagi yang sudah menikah, bisa membersihkan handphone dari nomor-nomor pacar lama Anda.
  • Bisa berupa membuang kebiasaan-kebiasaan buruk, dan masih banyak lagi. Tergantung masing-masing kita.

Intinya adalah menghilangkan kemungkinan akses untuk kembali ke masa lalu, dan terus maju. Sungguh tindakan yang sangat bermanfaat bila kita mau melakukannya.

Bangsa kita punya lagu yang sangat luar biasa. Judulnya 'Garuda Pancasila'. Di akhir lagu ini, kita dipaksa untuk mengatakan berulang-ulang, "Ayo maju, maju... ayo maju, maju... ayo maju, maju..!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar