Sabtu, April 25, 2009

Kenal dan Percaya

Mazmur 91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Kemarin, di antara sms yang masuk, ada sebuah ucapan ulang tahun sampai ke HP saya. Ada ayat yang diberikan yaitu Mazmur 91:14-16. Ayat ini memang powerful. Saya pernah menghapalkan Mazmur pasal 91 ini. Sekarang masih hapal. Dan bagian akhirnya memang sangat indah.

Psa 91:14 "If you'll hold on to me for dear life," says GOD, "I'll get you out of any trouble. I'll give you the best of care if you'll only get to know and trust me.

Ayat ini menjelaskan bahwa ada hal-hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil tertentu. Ada 2 syarat:

  1. "If you'll hold on to me for dear life,"
    Kita harus benar-benar berpegang, bergantung, mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Ini mudah diucapkan namun sebenarnya sulit untuk dilakukan. Ada banyak cara yang bisa kita pilih dalam menghadapi persoalan. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Namun jalan mana yang kita pilih? Jalan Tuhan atau jalan kita? Itu akan menentukan hasil akhirnya.
  2. .... if you'll only get to know and trust me.
    Kita harus benar-benar mengenal dan mempercayai Tuhan. Orang bisa mempercayai hanya bila ia mengenal dengan sungguh-sungguh.

Ada sebuah cerita klasik, yang menggambarkan apakah arti 'kenal dan percaya' itu.

  • Sekumpulan orang banyak telah berkumpul di air terjun Niagara untuk melihat Blondin yang terkenal berjalan melewati tali. Pejalan tali terhebat di dunia itu, menguji untaian tali yang terbentang. Lalu mengambil galah pajangnya dan menyeimbangkan dirinya secara ahli. Mulai menyeberang. Orang di tepi melihat setiap gerakan dengan tegang. Tetapi ketakutan mereka tidaklah beralasan. Blondin menyeberang dengan selamat, dan kembali dengan santainya.
    Semua bertepuk tangan. Ia berputar ke penonton, dan membuat sebuah tawaran yang sensasional. Ia bersedia menyeberang air terjun lagi, tetapi dengan menggendong seseorang di punggungnya. Siapa yang berani? Ia memilih laki-laki secara acak, Blondin bertanya, “Apakah kamu percaya, bahwa aku dapat menyeberang dapat menggendongmu dan menyeberang dengan aman?"
    " Ya, Pak," jawabnya dengan tegas. “Baik, Ayo naik,” Blondin mendesak. “Sori, ya... Gak mau!!”
    Lalu lelaki itu pun menarik diri kembali ke kerumunan penonton. Begitu seterusnya. Semua menunjukkan rasa percaya pada pejalan tali, tetapi tidak satupun setuju untuk dibawa.
    Akhirnya, ada seorang anak muda maju ke depan para penonton. Blondin mengulang pertanyaannya: “Apakah kamu yakin aku dapat membawamu menyeberang dengan aman?” “Ya, saya percaya!” “Apakah kamu bersedia untuk saya gendong menyeberang? “Ya, saya bersedia.” Anak muda itu naik ke punggung si ahli.
    Blondin menapakkan kami ke atas tali, terdiam beberapa saat. Lalu menyeberangi air terjun tanpa kesulitan.

Itulah arti 'mengenal dan mempercayai'. Banyak orang mengaku 'kenal dan percaya' Tuhan, tapi tidak berani digendong oleh Tuhan. Dari sekian penonton yang ditawari Blondin hanya satu yang berani, dan konon anak muda itu adalah anaknya. Tentu saja dia percaya, karena dia kenal ayahnya. Bisakah kita melakukan hal demikian pada Tuhan? MempercayaiNya?

Bila kita melakukan dua hal di atas, maka Tuhan berkata:

  • I'll get you out of any trouble
  • I'll give you the best of care

Sungguh janji yang luar biasa. Dia akan mengeluarkan kita dari masalah apapun. Bahkan memberikan yang terbaik bagi kita. God... i want to know You more and trust You...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar