Kamis, April 16, 2009

Hari yang Aneh

Kadang kita dihadapkan pada kondisi 'semuanya berantakan'. Apa yang kita harapkan semuanya tidak tercapai. Apa yang ada di depan kita salah semua. Orang yang di sekitar kita, semuanya seolah-olah memancing emosi. Mungkin listrik yang mati, komputer yang tiba-tiba hang dan belum sempat di-save, minuman yang tumpah ke kertas penting, sampai teman kerja atau bos yang tiba-tiba bawel.

Di TV ada acara reality show 'Hari yang Aneh'. Presenternya Uya Kuya. Mereka ngerjain selebritis. Mereka menggoda habis-habisan, berusaha memancing emosi, dengan cara membuat hari para selebritis itu berantakan. Tujuannya melihat reaksi selebritis itu seperti apa, ketika mereka berada dalam tekanan. Dalam Alkitab, kisah semacam itu dialami Ayub.


Job 6:11 Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar?

Ayub menjerit kecapekan dalam menghadapi musibah yang bertubi-tubi dalam hidupnya sebagai akibat dari serangan iblis. Rupanya iblis kadang memakai cara seperti ini untuk meruntuhkan anak Tuhan. Dengan seijin Tuhan, dia buat 'hari yang aneh' dalam hidup kita untuk menunjukkan kepada Tuhan, "Ni.. reaksi anakMu!" Bagaimana reaksi kita? Bertahan atau menyerah?

David Sarnoff, pendiri stasiun TV NBC berkata, "Kemampuan untuk BERTAHAN dalam menghadapi situasi yang buruk, adalah kunci penentu kegagalan atau kesuksesan." Tuhan Yesus pun memberikan warning kepada murid-muridNya bahwa kemampuan untuk BERTAHAN terhadap situasi yang buruk akan menentukan selamat atau tidak.

Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Bagaimana cara bertahan dalam menghadapi situasi yang buruk? Ingatlah selalu bahwa perjuangan kita bukan melawan darah dan daging. Banyak dari kita dalam menghadapi masalah, malah menambah masalah dengan cara memusuhi orang-orang yang kita anggap menjadi penyebab. Atau dengan bersikap bete, menyebalkan, sinis, dll. Intinya malah menambah musuh. Padahal kita bukan melawan manusia. Tapi pengaruh tipu muslihat iblis.

Eph 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Bagaimana hari-hari Anda akhir-akhir ini? Saya sendiri saat ini sedang bertahan. Bertahan terhadap segala situasi yang menekan, pencobaan, tugas-tugas berat, orang-orang di sekitar yang menguras energi, dll. Dan ayat di bawah ini menghibur saya.

Yakobus 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Ada hadiah bagi yang dapat bertahan. So... BERTAHANLAH dalam menghadapi hari-hari yang aneh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar