Rabu, April 15, 2009

Astronot vs Astronom

Saya ingat perkataan yang diucapkan Dr. Grant, seorang tokoh dalam film Jurassic Park. Dia bilang, "Ada 2 jenis manusia. Astronom dan Astronot. Astronom adalah orang yang mempelajari bintang-bintang dan seluk-beluknya, Sedangkan Astronot adalah orang yang pergi ke bintang-bintang setelah mempelajarinya."

Ucapan ini begitu berkesan bagi saya. Dalam kehidupan beragama pun, ada 2 jenis orang ini. Pertama, orang yang mendengar atau mempelajari Firman Tuhan, but never go there. Dan jenis kedua, orang yang melakukan Firman Tuhan setelah mempelajarinya.

Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Dalam Alkitab, orang yang hanya mendengar dan tidak menjadi pelaku Firman disebut sebagai penipu diri sendiri. Bahkan saya pernah mendengar seorang hamba Tuhan menyimpulkan bahwa, orang yang mengajarkan Firman Tuhan namun tidak melakukannya adalah setara dengan nabi palsu. Dia tahu, mengkotbahkan, mengajarkan, namun tidak melakukannya.

Hmm... ucapan itu cukup membuat saya langsung mengintrospeksi diri. Apakah yang selama ini saya tulis dan ajarkan, sudah saya lakukan? Saya bisa membayangkan, sungguh dashyat bila semua orang menjadi pelaku-pelaku FirmanNya.

Keluaran 24:3 Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: "Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan."

Bagaimana dengan Anda? Saudara Astronom atau Astronot dalam kerajaan Allah?

1 komentar:

  1. Amin, kita harus jadi yang astronot. hehhee... Orang yang mempelajari dan mengalamiNya... Luv u Jesus... :)

    BalasHapus