Senin, Maret 16, 2009

Restored

Alkitab penuh berisi dengan daftar orang yg tidak mampu:

Musa : tidak pandai bicara; Daud : terlalu muda; Abraham : terlalu tua; Amos : hanya punya 1 training, memangkas pohon ara; Marta : terlalu sibuk; Maria : mungkin terlalu malas; Maria Magdalena : pelacur; dll.

Sesungguhnya kita diciptakan sempurna (Adam), tapi rusak oleh dosa. Dan Tuhan mau memulihkan keadaan kita.

Zep 3:20 Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

Contoh kehidupan Musa

Musa adalah seorang pemimpin yang sukses. Tapi ini tidak terjadi dengan langsung. Penolakan-penolakan telah dialami oleh Musa. Musa ditolak oleh rakyatnya sendiri dan oleh Firaun. Tapi Tuhan mau memulihkan dia.

3 LEVEL PEMULIHAN MUSA

A. Musa dipulihkan di hadapan rakyatnya sendiri dengan perantaraan Harun.

Kel 4:29 Lalu pergilah Musa beserta Harun dan mereka mengumpulkan semua tua-tua Israel. 30 Harun mengucapkan segala firman yang telah diucapkan TUHAN kepada Musa, serta membuat di depan bangsa itu tanda-tanda mujizat itu. 31 Lalu percayalah bangsa itu, dan ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN telah mengindahkan orang Israel dan telah melihat kesengsaraan mereka, maka berlututlah mereka dan sujud menyembah.

B. Musa dipulihkan di hadapan bangsa lain dengan perantaraan Harun.

Kel 7:1-2 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya.

C. Musa dipulihkan dengan sempurna

1. BERANI TAMPIL

Hanya sekedar tampil. Harun yang bicara.

Tulah 1: Kel 7:19 TUHAN berfirman kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ambillah tongkatmu, ulurkanlah tanganmu.... dst
Tulah 2: Kel 8:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tanganmu dengan tongkatmu ke atas sungai,.... dst
Tulah 3: Kel 8:16 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah,.... dst

2. BERANI BICARA

Tuhan memulihkan dengan sistematis. Setelah Musa berani tampil, Tuhan mulai mengajar untuk berani bicara.

Tulah 4: Kel 8:20 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah menantikan Firaun, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai, dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku;
Tulah 5: Kel 9:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun dan berbicaralah kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku.

3. BERANI BERTINDAK

Setelah Musa berani tampil dan bicara, Tuhan mengajar untuk berani bertindak.

Tulah 6: Kel 9:8 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun: "Ambillah jelaga dari dapur peleburan serangkup penuh, dan Musa harus menghamburkannya ke udara di depan mata Firaun.
Tulah 7: Kel 9:13, 22; 13 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah menantikan Firaun dan katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku. 22 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya hujan es turun di seluruh tanah Mesir, menimpa manusia dan binatang dan menimpa tumbuh-tumbuhan di padang di tanah Mesir."
Tulah 8: Kel 10:1,12; 1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun, sebab Aku telah membuat hatinya dan hati para pegawainya berkeras, supaya Aku mengadakan tanda-tanda mujizat yang Kubuat ini di antara mereka, 12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke atas tanah Mesir mendatangkan belalang dan belalang akan datang meliputi tanah Mesir dan memakan habis segala tumbuh-tumbuhan di tanah, semuanya yang ditinggalkan oleh hujan es itu." 
Tulah 9: Kel 10:21 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya datang gelap meliputi tanah Mesir, sehingga orang dapat meraba gelap itu."
Tulah 10:Kel 11:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Aku akan mendatangkan satu tulah lagi atas Firaun dan atas Mesir, sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi dari sini; apabila ia membiarkan kamu pergi, ia akan benar-benar mengusir kamu dari sini. 4 Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir. 

Hebat kan cara Tuhan?

Dirt on Your Mind

Musa pernah menyuruh melakukan pengintaian pada saat mau masuk Kanaan. Dari 12 orang, cuma 2 yg menyampaikan kabar baik. 10 orang membuat malapetaka dgn menyebarkan kabar yg buruk.

Ini juga menjadi gambaran dari apa yang masuk ke telinga kita: 83% orang berkata buruk tentang kita, 17% berkata baik. Mana yang mau kita dengar?

Perkataan buruk akan merusak konsep diri saudara bila saudara aminkan. Dan ini tanpa sadar biasanya selalu kita aminkan.

Coba tuliskan pada sehelai kertas, perkataan buruk yg pernah Anda dengar dari siapapun. Tulis juga perkataan positif yg pernah sdr dengar dr siapapun. Pasti akan banyak yang negatif. Apalagi kalau lingkungan hidup kita bukan lingkungan yang rohani.

Ps. Jerry van Der Vin pernah berkata demikian:

If the devil says you can't do it.
It means that you can do it, and you will do it.

Perkataan negatif memang akan dipakai iblis untuk menghambat langkah Anda.

Php 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar