Kamis, Maret 12, 2009

Apa reaksimu?

Reaksi seseorang terhadap suatu peristiwa akan menentukan apa yang dia dapat dari peristiwa itu. Sebuah peristiwa yang sama akan berakibat berbeda, tergantung dari reaksi orang-orang yang menghadapinya.

Ada sebuah contoh peristiwa dalam Alkitab dimana peristiwa itu berakibat berbeda dari 2 orang (kelompok orang) yang menghadapinya.

2Ki 6:24 Sesudah itu Benhadad, raja Aram, menghimpunkan seluruh tentaranya, lalu maju mengepung Samaria. 25 Maka terjadilah kelaparan hebat di Samaria selama mereka mengepungnya, sehingga sebuah kepala keledai berharga delapan puluh syikal perak dan seperempat kab tahi merpati berharga lima syikal perak.

Apakah situasi Anda sedang tertekan? kelaparan/hutang/sakit hati/kecewa/pekerjaan menumpuk/pelayanan menumpuk/tugas sekolah/dll..

Ingat... reaksi kita dalam menghadapinya menentukan hasil yang kita terima. Saya belajar dari tindakan raja & 4 orang kusta

Ada kemungkinan 2 tindakan

A. Tindakan raja …

2Ki 6:26 Suatu kali ketika raja Israel berjalan di atas tembok, datanglah seorang perempuan mengadukan halnya kepada raja, sambil berseru: "Tolonglah, ya tuanku raja!" 27 Jawabnya: "Jika TUHAN tidak menolong engkau, dengan apakah aku dapat menolong engkau? Dengan hasil pengirikankah atau hasil pemerasan anggur?"

Sekilas sepertinya memuji Tuhan dan merendahkan diri, tapi sebenarnya mengejek Tuhan. (Tuhan aja gak bisa, Dia kan yg membuat ini, mana mungkin aku menolong engkau?) Kata negatif, ketidakpercayaan, bahkan sebelum tahu persoalannya …

Reaksi raja:

1. Putus asa terlebih dahulu
... baru tanya persoalannya…

2Ki 6:28 Kemudian bertanyalah raja kepadanya: "Ada apa?" Jawab perempuan itu: "Perempuan ini berkata kepadaku: Berilah anakmu laki-laki, supaya kita makan dia pada hari ini, dan besok akan kita makan anakku laki-laki.

2. Marah dan menyalahkan orang lain

2Ki 6:31 Lalu berkatalah raja: "Beginilah kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih dari pada itu, jika masih tinggal kepala Elisa bin Safat di atas tubuhnya pada hari ini."

3. Menyalahkan Tuhan dan berontak kepadaNya.

2Ki 6:33 Selagi ia berbicara dengan mereka, datanglah raja mendapatkan dia. Berkatalah raja kepadanya: "Sesungguhnya, malapetaka ini adalah dari pada TUHAN. Mengapakah aku berharap kepada TUHAN lagi?"

4. Membawa pengaruh buruh terhadap bawahan

3 hal diatas akan menyebabkan ketumpulan terhadap berkat dan pertolongan Tuhan. Maka wajar ketika FIRMAN TUHAN datang kepada nabi, mereka tidak mendengarkannya.

2Ki 7:1 Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria."

Lihatlah reaksi mereka? Perhatikan bahwa bawahan raja tertular dengan ketidakpercayaan raja ... (hati-hati para pemimpin... Anda mempengaruhi bawahan Anda)..

2Ki 7:2 Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?" Jawab abdi Allah: "Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya."

Hati2 sebagai pemimpin, kita akan mempengaruhi bawahan kita. Ketika bawahan kita loyo, jangan tanyakan pada dirimu, kenapa dia begitu? tanyakan pada dirimu, apa yang saya perbuat sehingga dia begitu?!

B. Tindakan 4 orang kusta

2Ki 7:3 Empat orang yang sakit kusta ada di depan pintu gerbang. Berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Mengapakah kita duduk-duduk di sini sampai mati? 4 Jika kita berkata: Baiklah kita masuk ke kota, padahal dalam kota ada kelaparan, kita akan mati di sana. Dan jika kita tinggal di sini, kita akan mati juga. Jadi sekarang, marilah kita menyeberang ke perkemahan tentara Aram. Jika mereka membiarkan kita hidup, kita akan hidup, dan jika mereka mematikan kita, kita akan mati."

1. Menerima kenyataan,

2. Beradaptasi, dan segera menyiapkan diri dan mental

3. Bertindak …

2Ki 7:5 Lalu pada waktu senja bangkitlah mereka masuk ke tempat perkemahan orang Aram. Tetapi ketika mereka sampai ke pinggir tempat perkemahan orang Aram itu, tampaklah tidak ada orang di sana.

Ternyata ketika seseorang mau bertindak, Tuhan bekerja …

2Ki 7:6 Sebab TUHAN telah membuat tentara Aram itu mendengar bunyi kereta, bunyi kuda, bunyi tentara yang besar, sehingga berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Sesungguhnya raja Israel telah mengupah raja-raja orang Het dan raja-raja orang Misraim melawan kita, supaya mereka menyerang kita." 7 Karena itu bangkitlah mereka melarikan diri pada waktu senja dengan meninggalkan kemah dan kuda dan keledai mereka serta tempat perkemahan itu dengan begitu saja; mereka melarikan diri menyelamatkan nyawanya.

Berkat diterima karena : … menerima kenyataan, tidak menyalahkan orang lain, dan bertindak maju. TAPI HATI-HATI … KETIKA BERKAT DITERIMA ADA JUGA YANG HARUS DIPELAJARI

2Ki 7:8 Ketika orang-orang yang sakit kusta itu sampai ke pinggir tempat perkemahan, masuklah mereka ke dalam sebuah kemah, lalu makan dan minum. Sesudah itu mereka mengangkut dari sana emas dan perak dan pakaian, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya. Lalu datanglah mereka kembali, masuk ke dalam kemah yang lain dan mengangkut juga barang-barang dari sana, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya.

Berulang-ulang mereka menjarah harta lawan. Namun mereka tidak berhenti untuk mengenyangkan diri mereka sendiri. Mereka sadar dan mereka membagikan berkat itu kepada orang Israel yang sudah menista mereka.

4. Miliki hati yang ingin berbagi ..

2Ki 7:9 Lalu berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Tidak patut yang kita lakukan ini. Hari ini ialah hari kabar baik, tetapi kita ini tinggal diam saja. Apabila kita menanti sampai terang pagi, maka hukuman akan menimpa kita. Jadi sekarang, marilah kita pergi menghadap untuk memberitahukan hal itu ke istana raja." 10 Mereka pergi, lalu berseru kepada penunggu pintu gerbang kota dan menceritakan kepada orang-orang itu, katanya: "Kami sudah masuk ke tempat perkemahan orang Aram, dan ternyata tidak ada orang di sana, dan tidak ada suara manusia kedengaran, hanya ada kuda dan keledai tertambat dan kemah-kemah ditinggalkan dengan begitu saja." 11 Para penunggu pintu gerbang menyerukan dan memberitahukan hal itu ke istana raja.

Untung perkataan mereka didengar. Rakyat sebenarnya sudah dipulihkan. Sekarang tinggal tergantung raja. Mau dibawa kemana kerajaan ini..

Reaksi raja ..

2Ki 7:12 Sekalipun masih malam, raja bangun juga, lalu berkata kepada para pegawainya: "Baiklah kuterangkan kepadamu apa maksud orang Aram itu terhadap kita. Mereka tahu bahwa kita ini menderita kelaparan, sebab itu mereka keluar dari tempat perkemahan untuk menyembunyikan diri di padang, sambil berpikir: Apabila orang Israel keluar dari dalam kota, kita akan menangkap mereka hidup-hidup, kemudian kita masuk ke dalam kota."

Raja... tetap tidak percaya. Untung ada pegawai yang benar dan berani bicara. Orang seperti inilah yang dibutuhkan para pemimpin.

2Ki 7:13 Lalu salah seorang pegawainya menjawab: "Baiklah kita ambil lima ekor dari kuda yang masih tinggal di dalam kota ini; tentulah keadaannya seperti seluruh khalayak ramai Israel yang sudah habis mati itu! Biarlah kita suruh saja orang pergi, supaya kita lihat." 14 Sesudah itu mereka mengambil dua kereta kuda, kemudian raja menyuruh mereka menyusul tentara Aram sambil berkata: "Pergilah melihatnya!"

Dan Raja mendengarkannya. Pemimpin tidak membutuhkan 100 orang yang hanya bisa bilang ya dan membungkuk2. Pemimpin hanya butuh 1 orang pegawai yang BERANI berkata benar dan menyarankan hal yang benar. Mungkin itu akan menyelamatkan jiwanya. Bila anda pemimpin, dan punya seorang pegawai yg berani berkata benar (walaupun kadang dianggap kurang ajar). Jangan disia-siakan. Justru dia hartamu yg paling berharga.

Apapun pilihan tindakan Anda …

C. FIRMAN TUHAN DIGENAPI

… berkat melimpah

2Ki 7:15 Lalu pergilah mereka menyusul orang-orang itu sampai ke sungai Yordan, dan tampaklah seluruh jalan itu penuh dengan pakaian dan perkakas yang dilemparkan oleh orang Aram pada waktu mereka lari terburu-buru. Kemudian pulanglah suruhan-suruhan itu dan menceritakan hal itu kepada raja. 16 Maka keluarlah penduduk kota itu menjarah tempat perkemahan orang Aram. Karena itu sesukat tepung yang terbaik berharga sesyikal dan dua sukat jelai berharga sesyikal, sesuai dengan firman TUHAN.

atau … hukuman datang

2Ki 7:17 Adapun raja telah menempatkan perwira yang menjadi ajudannya itu mengawasi pintu gerbang, tetapi rakyat menginjak-injak dia di pintu gerbang, lalu ia mati sesuai dengan perkataan abdi Allah yang mengatakannya pada waktu raja datang mendapatkan dia. 18 Dan terjadi juga seperti yang dikatakan abdi Allah itu kepada raja: "Dua sukat jelai akan berharga sesyikal dan sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal, besok kira-kira waktu ini di pintu gerbang Samaria." 19 Pada waktu itu si perwira menjawab abdi Allah itu: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?", tetapi Elisa berkata: "Sesungguhnya engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya." 20 Demikianlah terjadi kepada orang itu: Rakyat menginjak-injak dia di pintu gerbang, lalu matilah ia.

Mau jadi siapa kita? Raja atau 4 orang kusta? Mau terima apa? berkat atau hukuman? pilih sendiri....


2 komentar:

  1. Selamat ya..dah punya blog sendiri.. smoga pemikiran, renungan, dan kesaksian mas doni menjadi berkat bagi semua orang, khususnya orang2 yang mengenal mas doni sebelum you bertobat..he5x..pasti pada kaget tuh..doni yang mana nih..??Tp yg pasti, aku pnya kerinduan untuk kakak pertama kita mr.w...aku pengen banget beliau itu kembali ke jalan keselamatan..
    Yuk sama2 didoain spy bs memenangkan jiwanya..

    BalasHapus