Senin, Maret 16, 2009

Menanam Kentang

Seorang laki-laki yang sudah tua tinggal di sebuah desa. Dia ingin menanam ladangnya yang luas dengan kentang. Tapi itu pekerjaan yang berat. Anak satu-satunya Ryan ada di penjara. Bapak tua ini menulis surat kepada si Ryan.

Anakku, Ryan. Bapak lagi susah nih. Mau nanam kentang tapi berat sekali kalau harus membajak tanah ini. Bapak sudah tua. Kalau saja kamu ada di rumah, tentu saja kamu yang akan menggali tanah di sini. Dan masalah Bapak terpecahkan. Salam sayang, Bapakmu.

Beberapa hari kemudian, datanglah balasan surat dari anaknya.

Bapak sayang, ya ampun... demi kebaikan bersama, JANGAN MENGUTAK-UTIK halaman kita. Di situ tempat saya menguburkan 'tubuh-tubuh'. Salam sayang, Ryan.

Hari berikutnya, ladang tempat rumah Bapak itu dikerumuni oleh polisi, tentara, dan wartawan. Seluruh polisi menggali sampai ke sudut-sudut halaman yang luas itu. Namun sampai jauh 3 hari mereka menggali, tidak ditemukan apapun. Kemudian mereka meminta maaf kepada bapak tua itu dan pergi. Hari berikutnya datanglah surat dari Ryan.

Bapak sayang, sekarang ladang sudah siap ditanam. Hanya inilah yang bisa saya lakukan untuk membantu. Salam sayang, Ryan.

Note: Jadi inget, definisi manajemen. Management is the art to get the work done, through other people.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar