Jumat, Maret 13, 2009

Do Something (1)

Ada pekerjaan2 dimana manusia menganggap itu dilakukan utk manusia, tapi sesungguhnya itu dilakukan utk Tuhan.

Heb 13:2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

Mat 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Col 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Rom 14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

Dari ayat-ayat diatas, jelas bahwa ketika kita melakukan sesuatu, ternyata itu connect dgn Tuhan. Punya efek bagi Tuhan. Ternyata dalam relationship antar manusia hal ini juga berlaku lho. Kita pukul orang itu kita pukul Yesus.

Contoh nih: Paulus menganiaya Yesus.

Act 9:4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"

Lho... kapan Saulus menganiaya Yesus? Secara langsung gak pernah. Tapi Saulus menganiaya Yesus saat Saulus menganiaya murid-murid Yesus. 

Jadi jelas bahwa apa yang kita lakukan akan 'kena' juga ke Tuhan. Begitu juga sebaliknya, 'APA YANG TIDAK kita lakukan, berarti kita tidak lakukan jg utk Tuhan"

Dalam perumpamaan ttg talenta sangat jelas bahwa, kita harus 'do something' dgn talenta kita. jgn dikubur. Krn akan disebut hamba yg jahat. So... do nothing is a crime.. bagi Tuhan.

Ada sebuah kondisi yg pernah terjadi dalam Alkitab. sedemikian buruknya, sehingga orang2 memutuskan utk tidak terlibat dalam pelayanan, dalam Tuhan, dalam apapun, apatis, do nothing. Orang putus harapan, dan orang malas ikut2an.

Kita mau belajar betapa buruknya kondisi dimana orang memutuskan utk tidak terlibat, dengan alasan apapun.

Isa 3:6 Sehingga apabila seorang memegang saudaranya di rumah ayahnya dan berkata: "Engkau masih mempunyai jubah, jadilah pemimpin kami, dan reruntuhan ini di bawah kuasamu", Isa 3:7 maka pada waktu itu saudaranya akan menjawab: "Aku tidak mau menjadi tabib; di rumahku tidak ada roti dan tidak ada jubah; janganlah angkat aku menjadi pemimpin bangsa." 

Isa 3:6 One brother will grab another and say, 'You look like you've got a head on your shoulders. Do something! Get us out of this mess.' Isa 3:7 And he'll say, 'Me? Not me! I don't have a clue. Don't put me in charge of anything.' 

Semua berkata dia aja.... jangan aku... jangan libatkan aku dalam hal apapun...!!! Ternyata akibatnya bisa dasyat lho...

Isa 3:25 Your finest fighting men will be killed, your soldiers left dead on the battlefield. Isa 3:26 The entrance gate to Zion will be clotted with people mourning their dead-- A city stooped under the weight of her loss, brought to her knees by her sorrows. 

a. the best man will die
b. they left dead on the battlefield cause everyone is running.
c. the city will fall in the great loss.
Kalo kita gak terlibat, even the best man will die.... and the city will fall. (artinya pendetamu bisa mati muda, dan gerejamu bisa  bubar... hehe...)

Bagaimana cara kita menghindari terjadinya kejatuhan di atas? Semua orang harus 'Do Something'. Dimulai dari gerakan mencari Tuhan, dan mencari suaranya. Yuk kita belajar dari Zakheus:

Luk 19:1 Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. 2 Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. 3 Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. 4 Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. 5 Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." 6 Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. 7 Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." 8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." 9 Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. 10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." 

Do Something dalam kerajaan Tuhan. Caranya?

1. Find His Way

Cari kehendakNya, jalan-jalanNya, dan sesuaikan kehendakmu dengan kehendakNya.

ada 4 jenis orang:
a. Tidak tahu kehendak Tuhan dan tdk mau menyesuaikan
b. Tidak tahu kehendak Tuhan dan sebenernya mau menyesuaikan
c. Tahu kehendak Tuhan dan tidak mau menyesuaikan
d. Tahu kehendak Tuhan dan mau menyesuaikan.

Zakheus berhasil mencegat Tuhan, karena dia berusaha mencari tahu, Yesus mau lewat jalan yang mana.

2. Answer 'Yes' Immedietly

Tanggapi panggilan Tuhan dengan bersukacita dan seketika itu juga. Zakheus langsung merespon. Namun kadang manusia ada yg responnya, tunggu dulu, nanti, dll.

3. Know your Power

Kenali kekuatanmu dan berikan utk Tuhan. Zakheus tau kekuatannya di uang. Maka dia berikan uangnya. Ada org yg gak bisa apa2 selain memberikan persembahan. Itu sdh do something. Org pendiampun bila mengenali kekuatannya bisa membuat org bertobat.

Contoh : Sermon without a word (sumber: Bill Punch Line)
A member of a certain church, who previously had been attending Services regularly, stopped going. After a few weeks, the preacher Decided to visit him.
It was a chilly evening. The preacher found the man at home alone, Sitting before a blazing fire. Guessing the reason for his preachers Visit, the man welcomed him, led him to a comfortable chair near the Fireplace and waited.
The preacher made himself at home but said nothing. In the grave Silence, he contemplated the dance of the flames around the burning Logs. After some minutes, the preacher took the fire tongs, Carefully picked up a brightly burning ember and placed it to one Side of the hearth all alone then he sat back in his chair, still Silent.
The host watched all this in quiet contemplation. As the one lone Ember's' flame flickered and diminished, there was a momentary glow And then its fire was no more. Soon it was cold and dead. Not a word had been spoken since the initial greeting. The preacher Glanced at his watch and realized it was time to leave. He slowly Stood up, picked up the cold, dead ember and placed it back in the Middle of the fire. Immediately it began to glow, once more with the Light and warmth of the burning coals around it.
As the preacher reached the door to leave, his host said with a tear Running down his cheek, 'Thank you so much for your visit and Especially for the fiery sermon. I shall be back in church next Sunday.'
We live in a world today, which tries to say too much with too Little. Consequently, few listen. Sometimes the best sermons are The ones left unspoken.

Helen Adams Keller, seorang tunanetra yang bergerak dalam organisasi sosial, berkata:

I am only one, but still I am one
I cannot do everything, but still I can do something
And because i cannot do everything, I will not refuse to do something that I can do.

Do something in the kingdom of God.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar