Sabtu, Maret 14, 2009

Do Many Things (3)

Ini seri ketiga dari renungan saya. Yang pertama 'Do Something', kedua 'Do Something Huge', ketiga 'Do Many Things' (buat pembaca blog ini, bacanya dari bawah ya..)

Mari kita naik ke level berikut...

Tuhan punya rancangan bahwa Anda dan saya bukan jadi orang yang biasa2 saja.

Jos 3:7 Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.
Jos 3:7 GOD said to Joshua, "This very day I will begin to make you great in the eyes of all Israel. They'll see for themselves that I'm with you in the same way that I was with Moses.

Disamping kita ahli dalam pekerjaan kita, Tuhan mau kita menjadi orang yang diatas rata2, bahkan menjadi orang yang multitalented, (ahli dalam melakukan banyak hal). Bagaimana cara agar bisa jadi orang yang multitalented? Sederhana kembangkan yang sudah dimiliki, maka Tuhan akan tambahkan yg lain.

Mat 25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. 16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. 17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. 19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. 21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 

Dari ayat tadi kita jg tahu bahwa ada saatnya Tuhan akan tagih modalnya.

Mat 25:19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 

Kapan? Hanya orang yg dekat sama Tuhan yg tahu. Karena itu kita hrs menjadi pribadi yg dekat dgn Tuhan lebih dulu. Kita tahu ketika Tuhan datang dan laporkan hasilmu. Darimana kita bisa lapor kalau kita gak pernah doa atau berkomunikasi dgn Tuhan. Yang paling utama, realistiskan hubungan kita dengan Tuhan. Cari Tuhan sbg pribadi. Caranya: Hati kita harus pulih dulu.

Mat 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. 

Mari kita belajar dari kehidupan Yosua. Yosua menerima pesan yang konsisten dari Tuhan dan sekitarnya. Tampaknya ia adalah orang yang dipenuhi ketidakpercayaan diri.

Jos 1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
Jos 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.
Jos 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."
Jos 1:18 Setiap orang yang menentang perintahmu dan tidak mendengarkan perkataanmu, apapun yang kauperintahkan kepadanya, dia akan dihukum mati. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu!"

Setelah hatinya kuat dan teguh, pulih... maka Yosua melakukan banyak hal. Ia adalah panglima perang, penulis, hakim, dan berpengaruh begitu besar. Dan peristiwa paling dasyat:

Jos 10:12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!" 13 Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 14 Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. 

Ada beberapa hal yg dia lakukan yg bisa kita tiru sehingga kita menjadi orang yg mampu melakukan banyak hal. Beberapa prinsip kehidupan Yosua:

1. Learn from Experience

Yosua adalah orang yg bisa belajar dr pengalaman.

Orang bodoh tidak mau belajar dari pengalamannya. 
Orang pintar belajar dari pengalaman sendiri. 
Orang bijak belajar dari pengalaman orang lain.


Jos 2:1 Yosua bin Nun dengan diam-diam melepas dari Sitim dua orang pengintai, katanya: "Pergilah, amat-amatilah negeri itu dan kota Yerikho." Maka pergilah mereka dan sampailah mereka ke rumah seorang perempuan sundal, yang bernama Rahab, lalu tidur di situ. 

a. Joshua sent 2 instead of 12.
Menurut saya, Yosua sudah belajar bahwa mengirim banyak orang tidak akan menghasilkan laporan yang baik. Yosua memilih orang yang tepat, tidak berdasarkan 'penjatahan', kuota, dll (bukan kayak presiden milih menteri... hehe...). Ini menentukan keberhasilannya. Bandingkan dengan kasus Musa mengirim 12 orang dari masing2 suku.

b. Strategi pengintaian dirubah.
Pengintai tidak sibuk mengamati kota, tp cukup mencari dari sumber terpercaya. Yaitu penduduk yang rumahnya ada di tembok kota. Pasti melihat persiapan pasukan, reaksi penduduk, ketakutan, dll). Mereka bertanya pada orang yang tepat.

Dalam hidup kita, Don't ask the wrong man, you'll get the wrong answer.
Belajarlah dari pengalaman.

2. Enthusiastic

Menjadi orang yang antusias. Perhatikan ayat2 berikut:

Jos 3:1 Yosua bangun pagi-pagi, lalu ia dan semua orang Israel berangkat dari Sitim, dan sampailah mereka ke sungai Yordan, maka bermalamlah mereka di sana, sebelum menyeberang.
Jos 6:12 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu para imam mengangkat tabut TUHAN.
Jos 8:10 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu diperiksanyalah barisan bangsa itu dan berjalanlah ia maju beserta para tua-tua orang Israel di depan bangsa itu ke Ai.


Cukup bukti bahwa Yosua ini org yang selalu bangun pagi2. Dia orang yang antusias.

Yesus menebus kita agar kita menjadi orang yang antusias.

Tit 2:14 He gave himself for us to set us free from every sin and to cleanse us so that we can be his special people who are enthusiastic about doing good things. (GW)
- energetic in goodness.(MSG)

Apapun yg kita kerjakan, kerjakan dgn baik, dan bersemangat!! Antusiasme Anda akan mempengaruhi orang.

contoh: Penelitian 'apricot'. Antusiasme Anda mempengaruhi respon org lain thd apa yang Anda tawarkan.

Dalam sebuah camp tentara Amerika, di ruang makan diadakan penelitian untuk meneliti hal diatas. Sebagai obyeknya dipakai buah aprikot (buah yang tidak terlalu disukai orang Amerika).
Peneliti berperan sebagai orang yang menunggui dan menawarkan apricot.
Hari pertama: Dia bertanya: "You don't want apricot , do you?" 90% jawab : NO I don't
Hari kedua: Dia bertanya sambil senyum dan bersuara keras: "You do want apricot, don't you?" 50% jawab: Yes sir.. I do
Hari ketiga: Dia bertanya, senyum, dan menepuk bahu: "How's your job..? c'mon you want one apricot or two apricot.. ?" 50% ambil 1 , 40% ambil 2

Rom 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

3. Focus on God

Yosua terus menerus bertanya pada Tuhan. Lewat mana Tuhan? Demikian juga kita. Jangan pakai pewahyuan yg sudah kadaluarsa. Jangan hanya punya pengalaman dgn Tuhan .. dulu...! Perbarui terus hub dgn Tuhan. Tuhan kita dinamis, jadi kita juga harus dinamis.

Rick Warren pernah berkata:
Happy moments, PRAISE GOD.
Difficult moments, SEEK GOD.
Quiet moments, WORSHIP GOD.
Painful moments, TRUST GOD.
Every moment, THANK GOD.

Fokusnya adalah Tuhan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar