Selasa, Maret 31, 2009

Hitam Tapi Cantik

Kidung Agung 1:5 Memang hitam aku, tetapi cantik, hai puteri-puteri Yerusalem, seperti kemah orang Kedar, seperti tirai-tirai orang Salma

Kalimat di atas diucapkan oleh Gadis Sulam (Shulamite) kepada Salomo. Mungkin kita membayangkan orang yang dikasihi banget oleh Salomo ini adalah cewek cantik, berambut lurus, langsing, putih, kayak Miss World, Putri Indonesia, atau cewek-cewek di iklan. Tapi ternyata cewek ini adalah cewek yang hitam.

Coba perhatikan dua kalimat di bawah ini:

  • Memang hitam aku, tetapi cantik.
  • Memang cantik aku, tetapi hitam.

Apa beda kalimat 1 dan 2?

Kalimat pertama penuh dengan penerimaan diri. Berkulit hitam (baik jaman dulu maupun sekarang) ternyata dipandang dalam konotasi yang buruk. Jaman dulu dianggap sebagai identitas kaum budak, dan jaman sekarang dianggap gak keren. Gadis ini mengakui bahwa ia hitam, namun ia menunjukkan penerimaan diri dan bisa fokus pada kelebihannya. Maka kekurangan apapun yang dia miliki atau dia terima akan selalu dijawabnya dengan rasa syukur, karena ia bisa berkata, ".... tetapi aku cantik."

Perhatikan kalimat kedua. Kalimat kedua penuh dengan penolakan diri, dan berfokus pada kekurangan diri. Efeknya akan sangat berbeda dalam perjalanan hidup selanjutnya. Jelas rasa bersyukur kepada Tuhan akan hilang. Hidupnya penuh sungut-sungut, karena kebaikan yang dia terima selalu akan dibalas dengan gerutuan, "... tetapi aku hitam."

Manakah kalimat yang sering kamu ucapkan? Kalimat 1 atau 2? "Aku ni pinter, tapi mukaku jerawatan." Atau "Memang aku jerawatan, tapi aku pinter."...

Efeknya akan sangat berbeda. Betul gak?...

Ayo kita terima diri kita apa adanya. Gak usah berusaha dirubah-rubah, tapi fokuskan pada kelebihanmu. Gak perlu menghabiskan uang berjuta-juta untuk memutihkan kulit, meluruskan rambut, dll, fokuskan pada rasa syukur karena Tuhan membentuk kita dengan unik.

Psa 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Senin, Maret 30, 2009

Ctrl + Alt + Del

Pernahkah Anda mengalami kegagalan atau kejatuhan yang parah? Pernahkah Anda dipermalukan karena hal itu? Apakah Anda terpuruk karenanya?

Psa 37:23 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; 24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

Daud pernah mengalami kejatuhan fatal dalam hidupnya. Malu rasanya, sedih banget pasti. Ia ditegur Nabi Natan di depan umum karena kesalahannya selingkuh dengan Betsyeba. Dan ia bergumul berat mengatasinya, namun menang karena kasih karunia Tuhan. Hidupnya berlanjut karena ia tahu prinsip diatas.

John Lowenstein, pemain baseball liga utama yang sangat berbakat dan berprestasi, suatu ketika pernah mengalami kegagalan pahit. Ia gagal dalam mencetak point yang sangat menentukan dalam sebuah pertandingan penting di Oriole. Dan cemoohan penonton datang bertubi-tubi kepadanya. Ia sempat terpuruk oleh peristiwa itu.

Dan setelah pulih, ia diwawancarai oleh seorang reporter,"Apakah Anda merasa malu atas kegagalan Anda? Bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda masih bisa melangkah dalam pertandingan berikut? Bagaimana tanggapan Anda tentang cemoohan semua orang?"

Ia menjawab,"Look! Ada semiliar orang di Cina, dan mereka sama sekali tidak tahu tentang kegagalan saya itu."

Jadi santai aja! Salah itu biasa! Nobody's perfect! Just press Ctrl + Alt + Del ... Restart ... And go on wih your life...

Sabtu, Maret 28, 2009

Pesona Facebook

Col 4:5 Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.

Tadi pagi saya baca artikel di Kompas, tentang seorang anak yang bikin puisi untuk ibunya. Judulnya "Ibuku dan Fesbuk". Isinya sangat menggelitik perasaan saya. Di puisi ditulis betapa ibunya itu menggilai Fesbuk. Bangun tidur ngeliat Fesbuk, sebelum mandi, sesudah mandi, sebelum makan, sesudah makan, sebelum berangkat kerja, dst... sampai sebelum tidur, buka Fesbuk. Dan anak itu iri karena hubungan Ibunya dengan Fesbuk mengalahkan hubungan Ibunya dengan dia.

Wow... jangan-jangan kita-kita ini termasuk golongan ibu itu...lho. Facebook memang dahsyat. Ia bisa mempertemukan kembali dengan teman lama, mengintensifkan komunikasi, melihat orang lain sedang melakukan apa, dan masih banyak lagi.

Namun banyak juga bahayanya. Kita bisa termenung saja melihat kembali ke masa lalu dan lupa melangkah di masa kini. Ia juga seperti menyihir kita untuk terus 'mengupdate' status. Dan otomatis melihat yang lainnya, bikin comment2 yang setelah dipikir2 sebenernya sangat gak penting.

Mat 26:40 Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?

Trus, kalau kita bandingkan dengan waktu untuk Tuhan, berapa lama kita sanggup bertahan untuk berdoa? Bandingkan dengan waktu bersama Facebook. Haha.... bisa-bisa Tuhan tersisih jauuuuhh dari Facebook.

Yuk kita rame2 tersadar dari sihir ini. Saya suka facebook, tapi saya mau komitmen pada diri saya untuk hanya membuka facebook seperlunya. Mungkin 3 hari sekali atau seminggu sekali. Bisa gak ya?....

1Pe 4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.

Jumat, Maret 27, 2009

Being Used (Dimanfaatkan)

Eph 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Johny, seorang anak laki sedang berkunjung ke rumah kakeknya di pertanian mereka. Dia mainan katapel. Dia berlatih di hutan tapi tidak pernah mengenai sasaran. Dengan kesal dia pulang untuk makan malam. Waktu pulang dilihatnya bebek peliharaan kakeknya. Masih dalam keadaan kesal, dibidiknya kepala bebek. Ternyata kena, dan matilah si bebek. Dia kaget dan ketakutan. Disembunyikannya bangkai bebek itu di tumpukan kayu.

Namun ternyata kakaknya Sally melihat semuanya itu. Tapi kakaknya tidak berkata apapun. Setelah makan, Kakeknya menyuruh Sally, "Sally cuci piring!" Tetapi Sally menjawab, "Kek, Johny bilang ia yang mau cuci piring. Iya kan Johny?" Dan Sally berbisik, "Ingat bebek!"
Jadi Johny mencuci piring.

Besoknya Kakek mengajak mereka pergi memancing. Tapi neneknya berkata, "Saya perlu Sally untuk menyiapkan makanan. Jangan ajak Sally!" Tapi Sally menjawab, "Gak papa, Nek. Johny yang mau menyiapkan makanan, iya kan Johny?" Kembali dia berbisik, "Ingat bebek!"
Jadi Johny tinggal dan Sally pergi memancing.

Demikian terus, selama seminggu Sally memperbudak Johny dengan ucapan, "Ingat bebek!" .

Akhirnya Johny tidak tahan. Ia menemui kakek dan neneknya dan berlutut mengakui bahwa ia membunuh bebek itu. Dan Kakek neneknya menjawab, "Johny, kami sudah tahu. Kami berdiri di jendela dan melihat semuanya. Kami sudah memaafkanmu. Kami hanya mau tahu berapa lama kamu membiarkan dirimu diperbudak dan dimanfaatkan Sally."

Pertanyaan itu bisa ditanyakan pada diri kita juga. Berapa lama kita mau membiarkan diri kita diperbudak dan dimanfaatkan Iblis. Akuilah dosamu di hadapan Tuhan. Jangan lakukan lagi. Dan jangan biarkan dirimu dituduh dan diperbudak oleh Iblis. Have a free life...

2Co 2:11 supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya.

Jangan mau dimanfaatkan...

Rabu, Maret 25, 2009

Taat sama Ortu?

Eph 6:1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.

Ada comment, "Gimana kalo kita cocok dan merasa itu jodoh tapi ortu gak setuju?" Ini bicara soal jodoh. Maka kita perlu lihat ayat di atas. Ortu kita tu memang gak selalu benar. Tapi kenapa ya, ada ayat berbunyi demikian?

Yuk kita teliti satu persatu. Ayat di atas dimulai dengan kata, "Hai anak-anak..". Bahasa aslinya 'teknon' artinya child, daughter, son. Yaitu anak yg masih dalam tanggungan ortu. Anak yg masih butuh pertimbangan ortu.

Banyak anak muda bilang aku sudah cukup dewasa. So.. gak usah lagi denger apa kata ortu. Tp sesungguhnya hanya kita yg bisa menilai, apakah kita sudah bener2 dewasa atau msh butuh pertimbangan ortu.

Kalimat kedua,"taatilah." = hupakouo .. artinya mendengarkan, dan konsekuensinya mengikuti perintahnya. Anak muda, mendengarkan aja nggak..! Dengerin dulu donk! Kebanyakan anak muda dibutakan oleh hormon yang menggebu2 sehingga menutup diri terhadap hal yang berbau logika.

Trus yang paling penting ada kata "di dalam Tuhan". Ini sangat penting. Ortumu adalah ortu yg di dalam Tuhan gak? Kalo nggak gimana?

Ada istilah hukum yg sering kita dengar. Lex superiori derogat legi inferiori. Artinya hukum yang di atas menyisihkan hukum yang di bawahnya. Ortu yg tidak di dalam Tuhan bisa berbahaya bila menganjurkan sesuatu yg bertentangan dgn hukum Tuhan. Contoh: kasus anak dibawah umur yg dikawini seorang pengusaha terkenal. Siapa ortunya apa perannya? Pasti itu ortu yang tidak di dalam Tuhan.

Karena itu, dalam kondisi ortu kita tidak di dalam Tuhan, Melakukan hukum Tuhan harus lebih diutamakan. Namun lakukan dengan bijaksana dan jangan sampai menjadi batu sandungan bagi mereka. Tapi kalo ortumu dalam Tuhan, taatilah mereka karena haruslah demikian.

Jelas gak prens?

Selasa, Maret 24, 2009

Memperbesar Pot

Memperbesar pot artinya memindahkan tanaman yang lama ke sebuah pot yang lebih besar sehingga akarnya lebih bebas dan memiliki ruang lebih untuk bertumbuh dan berkembang.

John R. O'Neil seorang pengarang dan negarawan menerangkan bahwa memperbesar pot memiliki arti untuk menikmati sukacita karena melakukan sesuatu yang lebih baik, mencoba sesuatu yang baru, atau memperluas minat seseorang di bidang baru.

Yabes pernah berdoa tentang hal ini.

1Ch 4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Apa yang bisa kita lakukan untuk memperbesar pot pelayanan kita? Kita bisa mengembangkan keahlian kita, menyegarkan kemampuan bahasa asing kita, mengambil kursus singkat tentang psikologi, ikut seminar-seminar yang menambah ilmu. Kita juga bisa merencanakan untuk melakukan retret pribadi sehari selama sebulan sekali. Hal ini akan membuat pelayanan kita lebih bergairah.

Hmmm... memperbesar pot pelayanan? Ngapain lagi ya...? Ada ide ?.....

Senin, Maret 23, 2009

Pesta Ulang Tahun (2) Kaleb

Kaleb

Yos 14:10 Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; 11 pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. 12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN." 13 Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.

Pada hari ulang tahunnya, apa yang dilakukan Kaleb?

  • Ia mengingat janji Tuhan. Janji itu diberikan Tuhan melalui perantaraan Musa. Dan ia terus mengingatnya. Banyak orang tidak ingat akan janji-janji Tuhan. Bagaimana bisa menagih janji kalau tidak ingat janjinya?

  • Ia bersyukur. Ia sadar bahwa semuanya karena Tuhan. Banyak orang tidak bisa bersyukur karena hanya selalu melihat ke depan. Kaleb bisa melihat ke belakang dan menyadari betapa Tuhan sudah menolongnya.

  • Ia berpikir, 'Apa yang masih bisa kulakukan untuk Tuhan?' Kaleb masih mau berperang dalam usianya yang sudah 85. Banyak orang tidak lagi berpikir seperti Kaleb. Mereka berpikir sebaliknya, "Tuhan...!!! Kau belum melakukan ini dan itu untukku!!!"

Kehidupan Kaleb sangat bertolak belakang dengan Herodes (dalam artikel sebelumnya). Kaleb selalu berfokus kepada Tuhan. Ia ingat janji Tuhan, ia bersyukur pada Tuhan, dan ia mau melakukan apapun untuk Tuhan.

Kadang dalam kegiatan saya yang padat, saya merasa capek. Setelah Senin sampai Sabtu pagi sampai sore bekerja, masih harus datang dalam kegiatan-kegiatan rohani. Beres-beres alat musik, persiapan kotbah yang menyita waktu, belajar, baca, doa, pergi sama anak istri, dll. Tapi setelah saya melihat kehidupan si Mbah Kaleb ini ... semangat saya menjadi timbul kembali. Saya mau melayani Tuhan dengan segenap kekuatanku. Mari kita ikuti jejak Kaleb...

Pesta Ulang Tahun (1) Herodes

Di Alkitab, saya melihat ada 2 jenis pesta ulang tahun yang diceritakan.

Herodes

Mat 14:6 Tetapi pada hari ulang tahun Herodes, menarilah anak perempuan Herodias di tengah-tengah mereka dan menyukakan hati Herodes, 7 sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya. 8 Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: "Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam." 9 Lalu sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya diperintahkannya juga untuk memberikannya. 10 Disuruhnya memenggal kepala Yohanes di penjara 11 dan kepala Yohanes itupun dibawa orang di sebuah talam, lalu diberikan kepada gadis itu dan ia membawanya kepada ibunya.

Sebuah pesta ulang tahun yang sangat mengerikan. Membawa kesedihan di hati yang berulang tahun. Membawa malapetaka bagi orang lain. Memberi sarana untuk melakukan kejahatan. Memberi kesempatan untuk membalas dendam. Sungguh pesta yang berakibat buruk.

Mengapa peristiwa di atas bisa terjadi?

Pertama, karena Herodes sembarangan bersumpah. Waktu hatinya dimabuk kesenangan, dia bersumpah akan memberikan apa saja. Kadang kita pun melakukan sesuatu yang berakibat buruk, hanya karena kita sembarangan bersumpah pada waktu kita sedang senang. Perkataan sia-sia keluar dari mulut kita. Hati-hatilah dengan apa yang kita ucapkan. Hati-hati dengan guyonanmu, dengan cara bercandamu...! Karena mungkin iblis sedang menjebak. Waktu kita senang, kondisi pengontrolan diri kita sedang lemah-lemahnya!

Kedua, pesta ini adalah pesta yang tidak mengundang Tuhan. Pesta yang duniawi. Pesta yang tidak mengingat Tuhan. Herodes tidak kenal Tuhan. Baginya ultah hanya akan menjadi sesuatu yang hampa. Hanya lewat begitu saja. Besoknya hanya kesedihan yang ada. 'Umurku berkurang 1 tahun'. Beginilah perasaan yang akan dialami oleh orang yang tidak mengundang Tuhan dalam hidupnya.

Bagaimana dengan kita? Apapun yang kita alami, saat senang maupun susah... kontrol diri Anda, dan undang Tuhan dalam setiap waktu kita.

Sabtu, Maret 21, 2009

3 Tipe Penyembah Tuhan

Ada 3 Tipe Penyembah Tuhan:

1. Tipe Pengemis/pengamen
Bayangkan seorang pengamen yang menyanyi di perempatan lampu merah untuk mendapatkan uang Anda. Inilah ciri-cirinya:

  • Memuji Tuhan dengan maksud meminta sesuatu.
  • Memuji Tuhan dengan sikap/ekspresi ala kadarnya, asal nyanyi/main musik
  • Tidak tertuju kepada Tuhan, tidak ditujukan untuk menghibur orang lain, hanya sarana untuk mencapai tujuan
  • Setelah kebutuhan terpenuhi, selesai urusannya. Tinggalkan Tuhan lagi. Kalau butuh lagi baru memuji Tuhan lagi.

2. Tipe Selebritis
Bayangkan seorang penyanyi yang berada di panggung untuk menghibur penonton. Ciri :

  • Melakukan dan mempersiapkan pujian dan penyembahannya dengan baik, dengan tujuan menghibur orang lain.
  • Sangat memikirkan bagaimana reaksi orang lain
  • Sedih dan merasa marah ketika penampilannya jelek
  • Berusaha memperlihatkan dan memamerkan diri dan kemampuannya kepada semua orang

3. Tipe Pecinta Tuhan
Bayangkan seseorang yang jatuh cinta dan menyanyi untuk kekasihnya. Ciri :

  • Berusaha melakukan yang terbaik untuk Tuhan dan menyenangkannya
  • Seluruh perasaan dan aktivitasnya ditujukan untuk Tuhan
  • Tidak begitu peduli dengan reaksi orang lain tentang dirinya, yang penting Tuhan senang.

Saya tipe yang mana ya? .....

Berbagai Jenis Gangguan Psikologis

Berbagai jenis gangguan psikologis dapat digolongkan sebagai berikut:

1. Fobia
Ditandai dengan perilaku penghindaran yang tidak rasional secara terus-menerus terhadap situasi, benda, atau aktivitas tertentu. Berikan rasionalisasi dan dampingi klien dalam mengkonfrontasi ketakutan-ketakutan mereka.

2. Bipolar / Manik-depresif
Ditandai dengan terbagi-baginya hidup klien dalam beberapa fase. Pada fase manik, ia akan ceria, humor yang tidak terkendali, meningkatnya kecepatan bicara, dan kemampuan motorik. Pada tahap ini humor bisa berubah menjadi pedas, karena tiba-tiba tersinggung dan kehilangan kepekaan terhadap orang lain. Kemudian muncul fase euforia, yang ditandai timbulnya sikap antusias, ambisius, optimis, dan keyakinan diri yang tidak realistis. Bila pada tahap ini mereka melakukan perundingan bisnis atau mengambil keputusan penting, mereka akan 'deal' besar-besaran yang tidak jarang mengakibatkan kerugian besar di kemudian hari. Bersamaan dengan euforia timbul pula penyangkalan diri yang ekstrem. Pada fase depresif, tiba-tiba klien akan merasa sangat sedih, pikiran yang sendu, mengasihani diri sendiri. Gejalanya menjadi apatis, tidak lagi berdandan, tak berdaya, tak berharapan, dan merendahkan diri sendiri.

3. Cyclothymia
Mirip dengan bipolar namun bisa terjadi dalam satu periode waktu. Ditandai dengan perubahan yang ekstrim dalam cara seseorang menghadapi suatu situasi. Dalam saat yang sama suasana manik dan depresif bisa muncul dengan bergantian.

4. Dysthymia
Ditandai dengan situasi tanpa kegembiraan. Selalu sedih sepanjang waktu. Ditandai dengan wajah yang selalu cemberut dan muram. Sulit untuk tertawa dan menertawakan diri sendiri. Apapun yang dialami dipandang dari sisi yang negatif. Sudut pandangnya selalu salah.

5. Schizophrenia
Ditandai dengan hilangnya kontak dengan realitas (psikotik). Gejala yang sering muncul adalah afeksi yang datar atau tidak tepat, asosiasi yang longgar, autisme, dan ambivalen.

  • Afeksi yang datar atau tidak tepat. Mereka bisa tertawa terbahak-bahak pada saat mendengar berita sedih. Atau tidak bereaksi terhadap suatu cerita. Tatapan matanya kosong dan menerawang.
  • Asosiasi yang longgar. Dalam berkomunikasi dia akan melantur dari satu hal ke hal lain, 'loncat sana-sini' tanpa ada hubungan. Sehingga orang lain tidak bisa mengerti. Komunikasinya kabur, abstrak, diulang-ulang, dan tidak jelas. Dia mengalami gangguan transmisi saraf dalam otak.
  • Autisme. Mereka terperangkap dalam dunianya sendiri. Khayalan dan fantasinya meningkat drastis sehingga semakin menarik diri dari dunia luar.
  • Ambivalen. Ketika diperhadapkan dalam sebuah pilihan, mereka merasa sangat terancam dan ketakutan sehingga tidak dapat mengambil keputusan. Ini menyebabkan hilangnya motivasi dan adanya kebingungan terus menerus. Mereka tidak berani melangkah keluar.

Selain 4 gejala utama diatas ada gejala sekunder yang sering ditemukan yaitu adanya delusi dan halusinasi.

  • Delusi. Delusi adalah keyakinan yang dipegang sebagai hal yang benar walaupun ada bukti yang jelas bahwa itu salah. Misalnya: delusion of grandeur: merasa dirinya Yesus; delusion of persecution: merasa dikejar-kejar, dll.
  • Halusinasi. Halusinasi artinya mendengar, melihat atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Misalnya halusinasi auditori: mendengar perintah untuk membunuh; merasa dipanggil namanya, dll.

Gejala umum lainnya adalah perilaku yang aneh (kekacauan), gisi pribadi yang buruk, pakaian yang eksentrik, peran yang tidak benar, gangguan dalam perilaku motorik-katatonik (mannerisme-sangat sopan, menyeringai, postur tubuh yang kaku, reduksi gerakan spontan), kecemasan yang berlebihan (paranoid).

6. Gangguan Disosiatif (psikogenik)
Terdiri dari gejala amnesia, somnabulisme (tidur sambil berjalan), fugue (amnesia sementara), dan kepribadian majemuk.

  • Amnesia : (1) Amnesia lokal, melupakan sebuah periode (beberapa jam/hari/minggu) dalam kehidupannya. (2) Amnesia umum, melupakan seluruh hidupnya. (3) Amnesia tersistemasi, melupakan sebuah peristiwa tertentu atau pada setiap periode waktu tertentu.
  • Fugue : bila kambuh seseorang bisa pergi 'mengeluyur', kadang selama beberapa hari/bulan, jauh dari rumah, dan membentuk identitas yang sama sekali baru. Selama waktu tertentu mereka melupakan masa lalu, tetapi tidak sadar. Setelah mereka kembali ke keadaan normal mereka tidak ingat sama sekali saat mereka mengalami fugue.
  • Kepribadian majemuk : mereka memiliki berbagai set kepribadian yang berpindah secara tiba-tiba, dramatis, dan tidak terkendali. Kadangkala mereka tidak mampu mengingat kepribadian yang lainnya.

Gangguan disosiatif kebanyakan disebabkan oleh pengalaman kesedihan, dukacita yang mendalam dan bertubi-tubi. Dikombinasikan dengan tipe kepribadian yang introvert. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan serta depersonalisasi (merasa sendirian). Reaksi ketidaksadarannya (unconciousness) berusaha adalah melupakannya.

7. Somatoform
Terdiri dari gangguan somatisasi, konversi, penderitaan somatoform, hipokondriasis, dan gangguan perubahan bentuk (dismorfik) tubuh.

  • Somatisasi (sindrom Briquet), ditandai dengan adanya berbagai keluhan fisik yang kabur dan mengacu pada banyak organ tubuh.
  • Konversi, kehilangan penglihatan, pendengaran, kelumpuhan, sakit perut tanpa disertai dengan penyakit fisik yang jelas baik bersifat sementara atau menetap. Biasanya disebabkan konflik yang besar antara moral dan dorongan ketidaksadaran yang tidak dapat diterima masyarakat.
  • Penderitaan somatoform, ditandai dengan rasa sakit tanpa adanya bukti fisik. Biasanya muncul sebagai wujud kecemasan dan sering digunakan sebagai dalih untuk menghindari kegiatan tertentu. Hal ini juga membuat klien mendapat dukungan dan pemakluman.
  • Hipokondriasis, perhatian yang berlebihan pada fungsi tubuh itu sendiri dan adanya ketakutan yang besar terhadap penyakit.
  • Gangguan dismorfik tubuh, ditandai dengan perhatian yang berlebihan pada beberapa cacat fisik khayalan.

8. Gangguan penyalahgunaan zat berbahaya
Ditandai dengan ketergantungan terhadap zat berbahaya. Biasanya ada defense mechanism rasionalisasi yang dipakai untuk memberikan pemakluman bagi dirinya sendiri. Gejala yang sering muncul adalah kegelisahan, kekhawatiran, mudah maraf, insomnia, dan kehilangan konsentrasi.

9. Pasif-Agresif
Ditandai dengan adanya perasaan yang mudah marah tersinggung, namun tidak bisa dikeluarkan. Manifestasinya muncul dalam bentuk seperti usaha menghalang-halangi, penundaan, mencibir, menarik diri, suka mengeluh, dan merajuk. Mereka percaya bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan lebih dari yang dipikirkan orang lain. Mereka membenci saran dan kritik tanpa alasan yang jelas.

10. Obsesif-Kompulsif
Ditandai dengan adanya sifat perfeksionis dalam berbagai situasi. Mereka memiliki standar yang sangat kaku dalam penyelesaian tugas. Mereka asyik dengan perintah, jadwal, peraturan, dan perincian tugas sampai pada tahap mereka kehilangan pandangan tentang kegiatannya. Mereka menuntut orang lain untuk berlaku seperti mereka. Cenderung tidak punya waktu untuk rekreasi dan persahabatan karena terlalu tekun pada pekerjaannya. Mereka sulit mengambil keputusan, biasanya menghindari atau menunda pengambilan keputusan. Selalu terlalu teliti dalam detil. Mereka cenderung menjadi seseorang yang tidak empati, tidak bersedia memberi waktu atau uang bila tidak mendapat keuntungan. Mereka juga sulit membuang benda-benda yang tidak berharga. Mereka sering mengalami depresi dan bahkan kecenderungan bunuh diri.
Meskipun mereka tampak sebagai pekerja yang penuh dedikasi, seringkali mereka adalah orang yang rapuh. Mereka egois dan mengubur emosi mereka dengan bekerja keras. Pada masa kecilnya seringkali adalah anak yang tidak dihargai. Secara tidak sadar, mereka berusaha menjadi orang yang berarti dengan cara yang berlebihan.

11. Histrionik
Biasanya orang ini menarik bagi lawan jenisnya. Ia emosional, ekstrovert, dramatis, impulsif, naif dan sering suka menggoda. Ia selalu menuntut persetujuan dan pujian dari orang lain. Ia secara tidak pantas menggoda dalam penampilannya. Ia bisa tiba-tiba memeluk orang yang baru ia kenal secara impulsif atau menangis tersedu-sedu karena insiden yang sepele. Ia sering marah, cemburu, merasa tidak nyaman bila tidak mendapat perhatian. Kadang menunjukkan gejala depresi namun sebenarnya hanya sandiwara agar mendapat perhatian dari konselor. Konselor lawan jenis perlu sangat berhati-hati karena mereka akan terang-terangan berusaha menggoda secara seksual. Terkadang mereka pura-pura bunuh diri (yang dilakukan dengan serius) agar mendapat simpati dari konselor. Namun sering terjadi, kasus pura-pura bunuh diri (aku melakukan bunuh diri tapi tidak ingin mati) ini menjadi sungguhan. Karena konselor menganggap enteng ancaman bunuh dirinya, dan klien terlanjur melakukan dengan serius.

12. Antisosial (kepribadian psikopatik)
Ditandai dengan terjadinya konflik yang terus-menerus dengan orang lain. Mereka sering dicap sebagai 'trouble maker' dalam lingkungannya. Mereka tidak jujur, sikap permusuhannya tinggi, menyalahkan orang lain, tidak terduga, dan tidak tulus. Tidak ada kekhawatiran dan rasa bersalah.

13. Narsistik
Ditandai dengan fokus pada diri sendiri (seperti histrionik), tidak memiliki empati (seperti antisosial). Mereka merasa diri sangat hebat, menghabiskan banyak waktu untuk membayangkan kekuasaan, kesuksesan, kecerdasan, kasih yang ideal, atau keindahan diri mereka. Mereka ahli memanipulasi orang agar mendapat komentar yang positif. Secara terus-menerus menginginkan pujian dan perhatian.

Semoga bermanfaat.

Secret Weapon

2Ch 20:22 Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat Tuhanlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah.

Bani Amon dan Moab bergabung untuk menghancurkan Yehuda. Sebuah peperangan yang sangat tidak seimbang. Yehuda waktu itu gak punya tentara besar, kuda perang, maupun alat-alat perang. Dua bangsa yang bergabung ini sungguh mustahil untuk dikalahkan. Tapi hasil akhir perang ini sungguh aneh.

2Ch 20:25 Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Yosafat punya senjata rahasia. Bayangkan saat dia melihat ke depan, ke padang gurun dimana tentara musuh yang demikian besar itu berkumpul. Dan dia melihat ke belakang, ke kotanya dimana rakyat yang tak mampu berperang berada. Sungguh memilukan. Dan diapun menengadah ke atas dan melihat .... Tuhan yang besar....!!!

Sering saya berada dalam situasi ini. Dan lupa untuk menengadah ke atas. Namun pagi ini saya renungkan betapa sesungguhnya ini adalah kunci setiap kemenangan. Yosafat melakukan sesuatu yang mungkin dianggap sebagai tindakan ironi yang gila. Dia menyanyikan puji-pujian kepada Allah. Apa isi pujiannya?

"Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" (2Taw 20:21b)

Kadang saya melihat wajah-wajah cemberut di dalam gereja, dan tergoda untuk bertanya. "Ngapain kok cemberut? Ketawa donk!" Dan saya mendapat jawaban, "Wong lagi susah, kok disuruh ketawa!!" ... dan mendapatkan wajah yang semakin cemberut... hehe...

Tapi Yosafat punya senjata rahasia. Puji-pujian. Syukur. Tawa. Sorak-sorai. Dan ketika kita memuji Tuhan, Tuhan bekerja. Ayoooo.... beri puji-pujian kepada Tuhaaaaaann!!!!

Jumat, Maret 20, 2009

Stick to the Script

Baru-baru ini rame sekali di semua infotainment, perseteruan antara Saiful Jamil sama Kiki Fatmala. Kiki menuduh Saiful melakukan pelecehan seksual, gara-gara Saiful meremas bagian terlarang Kiki dalam shooting sebuah film. Saiful bilang, itu bagian dari improvisasinya terhadap skenario, Kiki bilang itu diluar skenario. Nah... lo... yang bener siapa? Tapi akhirnya mereka damai. Mungkin strategi marketing film? Tauk lah...

Tapi memang dalam kehidupan ini banyak masalah bisa terjadi bila kita gak mengikuti skenario dari Tuhan.

Joh 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Setiap kita punya script dari Tuhan yang harus dijalani. Tuhan Yesus turun ke dunia dengan suatu skenario. Dan Dia menyelesaikannya dengan gemilang. Skenarionya ditepati semua. Seluruh nubuatan dalam Perjanjian Lama tentang kedatanganNya digenapiNya. Bagaimana dengan kita?

Naskah kehidupanmu seperti apa? Hari demi hari harus dijalani dengan mengevaluasi diri. Apakah saya sudah melakukan kehendak Tuhan? Apakah saya sudah menepati skenarionya Tuhan? Ataukah saya sudah menyimpang, berimprovisasi sendiri, sehingga menimbulkan masalah bagi saya dan sesama?

Hari ini apa ya, kehendak Tuhan dalam hidup saya......

Kamis, Maret 19, 2009

Can't Survive without God

Psa 23:1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Hubungan antara Tuhan dan manusia, sering digambarkan Alkitab seperti hubungan gembala dan dombanya. Ternyata setelah saya pelajari, ada beberapa sifat khas yang ada dalam diri domba:

1. Domba adalah binatang yang paling tidak peka terhadap bahaya.
Bila ada dua domba makan bersebelahan, dan domba yang satu dimakan serigala, satunya akan tetap makan dengan tenang di sebelahnya. Jadi disamping dia tidak sadar akan bahaya, dia juga gak pernah memperhatikan temannya.

2. Domba adalah binatang yang tidak peduli lingkungan. Dia bodoh dan berbuat berdasar kebiasaan. Mereka makan di padang yang sama, sampai padang itu habis rumputnya, tapi tetap nggak akan pindah. Sampai akhirnya binasa karena kehabisan makanan.

3. Binatang ini jorok sekali. Mereka akan menginjak-injak rumput makanan mereka, buang air besar disana, kencing disana, sampai padang rumput mereka sendiri penuh dengan parasit dan kuman.

4. Mereka juga gak mempedulikan keadaan/kesehatan temen lainnya. mendesak yg lemah, dan gak peduli domba lain. shg dalam satu kawanan domba pasti ada domba gemuk ada domba kurus.

5. Binatang ini cepet sekali gondrong. kalo sudah gondrong, bulu2nya akan penuh dengan kotoran, rumput, dan lumpur. Ini akan bikin berat. dan sulit berlari bila dikejar pemangsa.

6. Binatang ini punya kebiasaan, kalo habis makan akan bergulingan di rumput. Kalo sudah terlentang, domba gak akan bisa berguling membalik sendiri, kecuali dibantu gembala.

Sifat-sifat tersebut ... sounds familiar haaahh?? Persis kayak sifat2 kita ya?? hehe... Karena itu domba perlu dilindungi dan dituntun oleh gembala. Tanpa tuntunan dan pembelaan gembala, binasalah domba. Tapi untungnya ada satu sifat domba yang baik. Domba itu binatang yang sifatnya truly followers.

So.. be a good sheep.... cause we can't survive without God...

Rabu, Maret 18, 2009

One Precious Hour

Setahu saya, salah jenis masakan yang paling lama masaknya adalah bikin bubur. Untuk bisa jadi bubur, beras harus dimasak lama banget, sampai melebihi levelnya bikin nasi. Makanya ada pepatah, 'Nasi sudah menjadi bubur'. Tapi sekarang kalo orang mau makan bubur gak usah capek2 nunggu. Ada bubur instan. Tinggal 'seduh... sudah!' gitu kata iklannya. 'Ada kerupuknya lagi!". Budaya instan sudah begitu banyak mengguyur kita. Maunya yang cepet2 aja ahhh...

Isa 30:15b ........, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan, 16a kamu berkata: "Bukan, kami mau naik kuda dan lari cepat," ........

Ada waktu2 dimana kita menolak untuk tinggal tenang dan percaya. Kita mau yang cepat. "Ngapain nunggu masak bubur 1 jam, kalo ada yang bisa 3 menit?"Tanpa kita sadari hal ini menjadi habit, membentuk pola pikir, dan mengkristal menjadi karakter kita, pengen yang serba cepat.

Kadang Tuhan mengundang kita untuk bersandar ke dadaNya dan mendengar detak jantungnya sebelum kita bekerja. Tapi kita berkata, "Gak ah... aku mau naik kuda dan lari cepat!"
Menarik diri dari rutinitas untuk berdoa dan berhubungan dengan Tuhan itu sangat penting. Ini yang saya usahakan untuk terus lakukan.

Setiap pagi di kantor, saya selalu menyempatkan diri untuk menutup pintu kantor saya paling tidak selama 30 menit-1 jam. Saya berbicara dengan Tuhan, bertanya kepadaNya, baca FirmanNya, merenungkannya, baru membuka pintu, dan mengambil keputusan-keputusan untuk hari itu di pabrik saya.

Menurut saya, 1 jam bersama Tuhan itu jauh lebih produktif daripada sejak sampai kantor saya sudah berkeliling pabrik dan mengambil keputusan sana-sini. 1 jam tinggal tenang, lebih produktif daripada 'naik kuda dan lari cepat.' Karena dalam 1 jam itu saya akan mendengar Roh Kudus berbicara:

Isa 30:21 ....."Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya,"

Sex is Wonderful

Wow... really? Yeahh... anak2 muda.

1Sa 1:19 Keesokan harinya bangunlah mereka itu pagi-pagi, lalu sujud menyembah di hadapan TUHAN; kemudian pulanglah mereka ke rumahnya di Rama. Ketika Elkana bersetubuh dengan Hana, isterinya, TUHAN ingat kepadanya. 

Jangan sekali-kali menganggap having sex itu najis, jorok, dan memalukan. Having sex is wonderful. Sex adalah salah satu hubungan terindah yang diciptakan Tuhan ....

BUT.... YOU JUST HAVE TO WAIT!!!

Sekali lagi ... you just have to wait!

Orang2 tua jangan ajari anakmu untuk berpikiran bahwa sex itu buruk. Itu hanya akan memperburuk situasi. Banyak anak muda setelah menikah mengalami masalah dalam hubungan sex dengan pasangannya karena ajaran2 yang salah dari orang tua, karena trauma akan adanya daftar larangan-larangan yang disertai akibat-akibat yang mengerikan.

Sex is wonderful, but.... tunggu sampai berada dalam koridor pemberkatan Tuhan di gereja, Tunggu sampai berada dalam koridor ijin dari negara. Tunggu sampai berada dalam koridor ijin dari masyarakat. Just wait.... you'll get the best from God...

No sex before marriage... Amen ??!!

Stop and Retreat !!!

Berhenti dulu! Mundur! Jangan maju lagi...

2Pe 2:16 Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu.

Ada beberapa peringatan yang sebenarnya Tuhan berikan bila kita menyimpang dari jalanNya. Berikut ini beberapa alarm nya... Stop!!! Bahaya !! Jalan di depan berlubang !!

  • Jika Anda jarang bersukacita, tidak ada damai sejahtera, dan kondisi jiwa terasa kacau, berarti Anda sedang tidak hidup menurut FirmanNya.
  • Jika orang-orang yang dekat dengan Anda (pasangan, anak-anak, dan adik-adik rohani Anda) sering merasa kesepian, berkecil hati, kecewa, marah-marah tanpa sebab yang jelas, mungkin karena Anda tidak bersedia dipakai Tuhan dalam kehidupan mereka.
  • Jika dalam memikirkan suatu aktivitas membuat Anda diliputi emosi yang meluap-luap atau tertekan secara fisik. Mungkin Allah memakai tanda-tanda fisik ini untuk menunjukkan bahwa suatu roh palsu tengah mendorong Anda untuk melakukan sesuatu.
  • Jika Anda tidak punya waktu untuk mendoakan suatu aktivitas, berarti Anda tidak punya waktu untuk mengerjakannya. 

Stop!!! Kembali pada Tuhan!!!

Doing the Unexpected Order

Joh 5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?" 7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku." 8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Kadang Tuhan memerintahkan sesuatu yang tak terduga. Dalam dialog di tepi kolam betesda di atas, Yesus bertanya, 'Mau sembuh gak?'Dijawab, 'Bantuin aku turun ke kolam donk!!' Dijawab lagi, 'Bangunlah!' Wow .. dan waktu orang itu taat, dia sembuh.

Apa jadinya kalo orang itu ngeyel. 'Gimana sih loe... aku minta bantuin turunin ke kolam kalo airnya guncang! Kamu malah ngasih perintah aneh gitu!' Pasti dia gak jadi sembuh.

Kadang dalam hidup kita, ada perintah2 Tuhan yang tak terduga datang pada kita. Bisa gak kita melakukannya? Ataukah kita terlalu sibuk dengan analisis. logika, atau kegiatan yang tiada henti? Jika Anda tidak punya waktu untuk menanggapi suatu hal yang mendadak atau hal darurat yang bersifat insidentil, berarti Anda benar-benar sangat sibuk dan kekurangan waktu bersama Tuhan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kehidupan penjara menjadi bagian di sela-sela pelayanan Paulus? Mungkin Allah memakai hal itu untuk mengurangi kegiatan Paulus yang super sibuk. Sehingga Paulus ada waktu untuk menulis surat2nya kepada para jemaat.

Amsal 16:9 Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.

Get ready for the unexpected ...!!

Selasa, Maret 17, 2009

It's OK to be Jomblo - series ... Overlooking the Obvious

Overlooking the Obvious (mengabaikan hal-hal yang jelas)

P. Bunny Wilson berpendapat bahwa sebenarnya sebagian besar pria atau wanita sudah mengenal pasangan mereka, dan merasakan bahwa itulah jodoh mereka. Namun mereka menolaknya. 

Hmmm... Apakah Anda mengabaikan seorang sahabat yang ada di samping Anda, karena dia 'malu-maluin'? karena bukan tipe Anda? Sebenernya tipe Anda tu seperti apa tho? Apakah orang yang jadi tipe dan harapan Anda itu kira-kira bisa berkomitmen dengan Anda?

Tidak heran, bila banyak orang punya kebiasaan 'naksir' dengan orang yang sudah punya pasangan. Karena Pria Idaman atau Wanita Idaman biasanya memang sudah punya pasangan. Singkatnya pasti Anda keduluan orang. Cobalah bercermin (hehe... no hard feeling okay..), kemudian lihat sekitar Anda. Jangan-jangan ada orang yang selama ini Anda abaikan.

Simak ucapan seorang penyair di bawah ini...

  • Engkau meminta segelas air. Aku memberikannya dalam cangkir yang tidak pernah mau kamu pilih. Mengapa kamu tidak mau meminumnya? Jangan mencampur aduk penilaian tentang air dan cangkirnya. Air adalah apa yang kamu butuhkan dan rindukan. Cangkir bisa dihias, dibersihkan, atau bahkan dirubah.
Don't overlook the obvious...

It's OK to be Jomblo - series ... Ask for it

Mat 7:7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 

Ada 3 cara gampang untuk mendapat jodoh:

1. Berdoa
2. Minta sama Tuhan
3. Lihat no 1, ulangi no 2, dan lihat no 3...

Haha... Jadi inget peraturan Plonco waktu di SMA.
Peraturan 1: Panitia selalu benar.
Peraturan 2: Bila ternyata panitia salah, lihat kembali peraturan 1.

Dalam kisah Martha dan Maria waktu ketemuan sama Yesus, sudah sering digambarkan bahwa ada orang2 yang selalu sibuk gak karuan, dan ada orang yang duduk ndengerin Yesus.

Jangan terlalu sibuk tapi mengabaikan suara Tuhan. Mintalah sama Tuhan, bangun hubungan dengan Tuhan seakrab-akrabnya. Kalau hubungan kamu dengan Tuhan sudah sedemikian akrab, kamu pasti berani doa di bawah ini ....

Doa Minta Jodoh (Maksa)

Tuhan,
Seandainya memang dia jodohku, maka dekatkanlah ...

Tapi kalau bukan jodohku, jodohkanlah ...

Jika dia tidak berjodoh denganku, maka jadikanlah kami jodoh ...

Kalau dia bukan jodohku, jangan sampai dia dapat jodoh yang lain, selain aku ...

Kalau dia tidak bisa dijodohkan denganku, jangan sampai dia dapat jodoh yang lain, biarkan dia tidak berjodoh sama seperti diriku ...

Dan saat dia tidak memiliki jodoh, jodohkanlah kami kembali ...

Kalau dia jodoh orang lain, putuskanlah ... Jodohkanlah denganku ...

Akhirnya Ya Tuhan,
Jika dia tetap menjadi jodoh orang lain, biarlah orang lain itu segera bertemu jodoh yang lain lagi, Dan kemudian jodohkanlah kembali dia denganku ...

Belum Amin sebelum dia jadi jodohku ...

hehe... just kidding. Good luck pals...

It's OK to be Jomblo - series.... Rest in Peace

Haaahhh... judulnya kok aneh? Mati aja, gitu maksudnya? Bunuh diri aja gara2 masih jomblo? hahaha.. baca dulu ya...

Gen 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Gen 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Gen 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki." 

Setelah Adam ngasih nama-nama semua binatang. Capek deh.. Dia mungkin memperhatikan bahwa semua binatang punya pasangan. Gak ada gajah yang jomblo, atau semut yang gak laku. Semua punya 'bojo'. Adam mulai mikir kaleee... pasangan gua mana? 

Pada waktu itu Allah membuat Adam tidur nyenyak. Adam dibuat rest in peace. Dibius, soalnya mau di operasi. Adam tertidur. Dan Tuhan mengambil satu rusuknya, untuk dijadiin modal buat bikin Hawa.

Mungkin ini rahasianya bagi para jombloers. Ketika Anda sudah sampai pada titik 'sulit untuk bersikap tenang' dalam hal jodoh ini, mintalah Allah untuk membantu Anda agar dapat tertidur. Dapat beristirahat, dapat santai, gak mikirin jodoh, dan berteduh di bawah naungan sayapNya. 

Adam istirahat dan Tuhan bekerja. Lepaskan dan Allah mengendalikan. Seorang dokter pasti lebih enak meng'operasi' pasien, kalo pasiennya dibius total.

Percayalah dengan rancangan Allah. Hawa tidak pergi menghadap Adam dan berkata, "Adam... bangun! Tuhan bilang kamu ini suamiku. Terimalah aku." Hawa cukup menantikan waktu Allah dan membiarkan dirinya dikenal Adam. Tuhan yang memperkenalkan. Dia hidup dalam keyakinan bahwa dia adalah karya yang sempurna dan punya pasangan yang sudah disediakan. Ditugaskan untuk menolong pasangannya kelak.

Dan perhatikan bahwa, Adam tidak dibangunkan Allah sampai proses penciptaan Hawa selesai. Hmmm... Lagi-lagi soal waktu....

It's OK to be 'Jomblo' series... Be Patient

Gen 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." 

Sangat menarik! Adam nggak pernah ngomong sama Tuhan kalau dia butuh penolong. Dia tidak pernah meminta kepada Tuhan. Bahkan menurut saya, Adam merasa tidak membutuhkan penolong. Tuhan sendiri yang memutuskan untuk memberikan penolong buat Adam. Dan Tuhan memberi pada waktu yang tepat

Adam hidup sendirian waktu itu. Tapi Adam hidup dalam hadirat Allah. Makanya Adam tidak memikirkan apapun selain Tuhan. Tuhan sendirilah yang memberi bonus kepada Adam. Memberikan penolong. Dia yang memutuskan apa yang kurang dalam hidup Adam. Adam waktu itu tidak merasa kesepian, tidak merasa butuh orang lain, karena hadirat Allah sudah memenuhinya. 

Ada banyak orang yang mencari kedamaian, sukacita, penerimaan diri, dari 'punya-nggaknya' pacar atau suami/istri pada usia tertentu. Tapi sukacita yang sejati, timbul dari kenikmatan tinggal dalam hadirat Tuhan. Dan kalau Anda masih jomblo, Anda punya kesempatan seluas-luasnya untuk merasakan kepenuhan ini, sebelum Anda diberi tugas-tugas lain dari Tuhan.

Adam diberi banyak tugas oleh Tuhan. Menaklukkan bumi, menamai binatang, berbuah dan bertambah banyak. Adam melakukannya dengan baik, namun dia memerlukan bantuan pada tugas berbuah dan bertambah banyak (walaupun bukan hanya ini saja peran Hawa). Diperlukan seseorang yang istimewa dan selaras dengan Adam bagi tugas ini. Harus ada seseorang yang di design khusus untuk Adam.

Nah, ada orang di luar sana yang di design khusus untuk Anda. Disempurnakan melalui berbagai proses. Begitu pula dengan Anda. Andapun diproses oleh Tuhan. Di-design supaya cocok, serasi, sepadan, dengan calon pasangan Anda. So... be patient. Jalani semua proses. Biarkan karaktermu ditempa oleh Tuhan. Dan pada saatnya nanti, saat yang sempurna, Tuhan akan mempertemukan dengan special soulmate for you.

Sabar aja.... permintaan sedang diproses...

Senin, Maret 16, 2009

Ringkasan Gangguan Psikologis

Beberapa jenis gangguan seksual:
Trans-seksualisme : Keinginan untuk menjadi anggota kelompok lawan jenisnya
Fetisisme : Ketertarikan seksual yang abnormal terhadap benda--benda atau anggota tubuh non-erogen.
Transvestisme : Berpakaian seperti lawan jenis untuk membangkitkan gairah seks.
Pedofilia : Kesenangan melakukan hubungan seks dengan anak--anak yang belum puber
Eksibisionisme : Mempertontonkan alat kelamin di depan publik secara kompulsif
Voyeurisme : Mengamati orang lain yang telanjang atau melakukan hubungan seks, terutama dari tempat yang tersembunyi
Masochisme : Bangkitnya gairah seks dengan menyuruh orang lain melakukan siksaan fisik atau emosional pada dirinya
Sadisme : Bangkitnya gairah seks dengan melakukan siksaan fisik atau emosional pada orang lain
Froteurisme : Fantasi meraba partner tanpa seizinnya
Frigiditas : Ketidakmampuan untuk mengalami orgasme dalam hubungan seks (biasanya kaum perempuan)
Impoten : Kegagalan untuk mempertahankan ereksi selama hubungan seks (biasanya laki-laki)
Dyspareunia : Fungsional Rasa sakit yang dialami selama melakukan hubungan seks
Vaginismus : Fungsional Kontraksi otot di sekitar vagina secara tiba-tiba dan sangat sakit

Beberapa jenis gangguan kepribadian:
Paranoid : Curiga, tidak percaya pada orang lain, terlalu sensitif
Schizoid : Menarik diri, tidak ramah, suka menyendiri
Schizotypal : pemikiran dan perilaku yang aneh (disebut schizophrenia sederhana dalam DSM II)
Histrionik : Sangat emosional/ekspresif, egosentris, penyesuaian seksual yang buruk
Narsistik : Merasa dirinya penting dan hebat
Antisosial : Pelanggaran hak-hak orang lain
Borderline : Kelabilan dalam berbagai bidang
Avoidant : Terlalu sensitif terhadap penolakan
Dependen : Tidak bisa bertanggung jawab atas hidupnya sendiri
Obsesif-kompulsif : Sibuk dengan peraturan, perintah, dan hal-hal terperinci
Pasif-agresif : Penolakan pasif terhadap tuntutan untuk melakukan tugasnya dengan baik

Beberapa jenis phobia:
Acrophobia : tempat yang tinggi
Agoraphobia : meninggalkan tempat-tempat yang dikenal
Algophobia : rasa sakit
Anthophobia : bunga
Astraphobia : guntur dan kilat
Belonophobia : peniti dan jarum
Claustrophobia : tempat yang tertutup
Decidophobia : membuat keputusan
Entomophobia : serangga
Ergophobia : pekerjaan
Erthyrophobia : dipermalukan di depan umum
Gephydrophobia : menyeberang jembatan
Hematophobia : melihat darah
Heliophobia : sinar matahari
Hydrophobia : air
Latrophobia : dokter
Lalophobia : berbicara
Monophobia : sendirian
Mysophobia : kotoran, kontaminasi
Necrophobia : mayat
Nyctophobia : kegelapan
Pathophobia : penyakit, penderitaan
Ombrophobia : hujan
Phonophobia : berbicara keras
Photophobia : sinar yang kuat
Taphophobia : terkubur hidup-hidup
Trichophobia : rambut
Toxophobia : diracun
Xenophobia : orang asing
Zoophobia : binatang
Arachibutyrophobia : mentega kacang yang melekat pada langit--langit mulut

How do we use our time?

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata waktu manusia yang berumur 70 tahun dihabiskan dengan:

Tidur .......................23 years..........32.9%
Kerja .......................16 years..........22.8%
Nonton TV ...............8 years..........11.4%
Makan .......................6 years............8.6%
Perjalanan ................6 years............8.6%
Bersenang-senang ...4.5 years.........6.5%
Sakit ...........................4 years...........5.7%
Pakai Baju ..................2 years............2.8%
Urusan Tuhan .........0.5 years..........0.7%

Total .........................70 years .........100%

Wow... begitu banyak waktu yang terbuang sia-sia...

Menanam Kentang

Seorang laki-laki yang sudah tua tinggal di sebuah desa. Dia ingin menanam ladangnya yang luas dengan kentang. Tapi itu pekerjaan yang berat. Anak satu-satunya Ryan ada di penjara. Bapak tua ini menulis surat kepada si Ryan.

Anakku, Ryan. Bapak lagi susah nih. Mau nanam kentang tapi berat sekali kalau harus membajak tanah ini. Bapak sudah tua. Kalau saja kamu ada di rumah, tentu saja kamu yang akan menggali tanah di sini. Dan masalah Bapak terpecahkan. Salam sayang, Bapakmu.

Beberapa hari kemudian, datanglah balasan surat dari anaknya.

Bapak sayang, ya ampun... demi kebaikan bersama, JANGAN MENGUTAK-UTIK halaman kita. Di situ tempat saya menguburkan 'tubuh-tubuh'. Salam sayang, Ryan.

Hari berikutnya, ladang tempat rumah Bapak itu dikerumuni oleh polisi, tentara, dan wartawan. Seluruh polisi menggali sampai ke sudut-sudut halaman yang luas itu. Namun sampai jauh 3 hari mereka menggali, tidak ditemukan apapun. Kemudian mereka meminta maaf kepada bapak tua itu dan pergi. Hari berikutnya datanglah surat dari Ryan.

Bapak sayang, sekarang ladang sudah siap ditanam. Hanya inilah yang bisa saya lakukan untuk membantu. Salam sayang, Ryan.

Note: Jadi inget, definisi manajemen. Management is the art to get the work done, through other people.

Restored

Alkitab penuh berisi dengan daftar orang yg tidak mampu:

Musa : tidak pandai bicara; Daud : terlalu muda; Abraham : terlalu tua; Amos : hanya punya 1 training, memangkas pohon ara; Marta : terlalu sibuk; Maria : mungkin terlalu malas; Maria Magdalena : pelacur; dll.

Sesungguhnya kita diciptakan sempurna (Adam), tapi rusak oleh dosa. Dan Tuhan mau memulihkan keadaan kita.

Zep 3:20 Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

Contoh kehidupan Musa

Musa adalah seorang pemimpin yang sukses. Tapi ini tidak terjadi dengan langsung. Penolakan-penolakan telah dialami oleh Musa. Musa ditolak oleh rakyatnya sendiri dan oleh Firaun. Tapi Tuhan mau memulihkan dia.

3 LEVEL PEMULIHAN MUSA

A. Musa dipulihkan di hadapan rakyatnya sendiri dengan perantaraan Harun.

Kel 4:29 Lalu pergilah Musa beserta Harun dan mereka mengumpulkan semua tua-tua Israel. 30 Harun mengucapkan segala firman yang telah diucapkan TUHAN kepada Musa, serta membuat di depan bangsa itu tanda-tanda mujizat itu. 31 Lalu percayalah bangsa itu, dan ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN telah mengindahkan orang Israel dan telah melihat kesengsaraan mereka, maka berlututlah mereka dan sujud menyembah.

B. Musa dipulihkan di hadapan bangsa lain dengan perantaraan Harun.

Kel 7:1-2 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya.

C. Musa dipulihkan dengan sempurna

1. BERANI TAMPIL

Hanya sekedar tampil. Harun yang bicara.

Tulah 1: Kel 7:19 TUHAN berfirman kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ambillah tongkatmu, ulurkanlah tanganmu.... dst
Tulah 2: Kel 8:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tanganmu dengan tongkatmu ke atas sungai,.... dst
Tulah 3: Kel 8:16 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah,.... dst

2. BERANI BICARA

Tuhan memulihkan dengan sistematis. Setelah Musa berani tampil, Tuhan mulai mengajar untuk berani bicara.

Tulah 4: Kel 8:20 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah menantikan Firaun, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai, dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku;
Tulah 5: Kel 9:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun dan berbicaralah kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku.

3. BERANI BERTINDAK

Setelah Musa berani tampil dan bicara, Tuhan mengajar untuk berani bertindak.

Tulah 6: Kel 9:8 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun: "Ambillah jelaga dari dapur peleburan serangkup penuh, dan Musa harus menghamburkannya ke udara di depan mata Firaun.
Tulah 7: Kel 9:13, 22; 13 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah menantikan Firaun dan katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku. 22 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya hujan es turun di seluruh tanah Mesir, menimpa manusia dan binatang dan menimpa tumbuh-tumbuhan di padang di tanah Mesir."
Tulah 8: Kel 10:1,12; 1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun, sebab Aku telah membuat hatinya dan hati para pegawainya berkeras, supaya Aku mengadakan tanda-tanda mujizat yang Kubuat ini di antara mereka, 12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke atas tanah Mesir mendatangkan belalang dan belalang akan datang meliputi tanah Mesir dan memakan habis segala tumbuh-tumbuhan di tanah, semuanya yang ditinggalkan oleh hujan es itu." 
Tulah 9: Kel 10:21 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya datang gelap meliputi tanah Mesir, sehingga orang dapat meraba gelap itu."
Tulah 10:Kel 11:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Aku akan mendatangkan satu tulah lagi atas Firaun dan atas Mesir, sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi dari sini; apabila ia membiarkan kamu pergi, ia akan benar-benar mengusir kamu dari sini. 4 Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir. 

Hebat kan cara Tuhan?

Dirt on Your Mind

Musa pernah menyuruh melakukan pengintaian pada saat mau masuk Kanaan. Dari 12 orang, cuma 2 yg menyampaikan kabar baik. 10 orang membuat malapetaka dgn menyebarkan kabar yg buruk.

Ini juga menjadi gambaran dari apa yang masuk ke telinga kita: 83% orang berkata buruk tentang kita, 17% berkata baik. Mana yang mau kita dengar?

Perkataan buruk akan merusak konsep diri saudara bila saudara aminkan. Dan ini tanpa sadar biasanya selalu kita aminkan.

Coba tuliskan pada sehelai kertas, perkataan buruk yg pernah Anda dengar dari siapapun. Tulis juga perkataan positif yg pernah sdr dengar dr siapapun. Pasti akan banyak yang negatif. Apalagi kalau lingkungan hidup kita bukan lingkungan yang rohani.

Ps. Jerry van Der Vin pernah berkata demikian:

If the devil says you can't do it.
It means that you can do it, and you will do it.

Perkataan negatif memang akan dipakai iblis untuk menghambat langkah Anda.

Php 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 

Reputation

Reputasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam bisnis, politik, pelayanan, dan semua bidang lain terbukti bahwa orang atau perusahaan yang reputasinya baik akan  dimudahkan jalan-jalannya.

Tit 1:6 A spiritual leader must have a good reputation..... Tit 1:7 Because a bishop is a supervisor appointed by God, he must have a good reputation.....(GW)

Mari kita selidiki diri kita. Bagaimana reputasi Anda?

1. Reputasi kita di mata Allah

Job 1:8 Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."

Ayub punya reputasi yang baik di mata Allah. Bagaimana dengan Anda? Ingat, Tuhan mengenal kita seutuhnya sampai hati dan pikiran kita yang terdalam. Penilaian Tuhan adalah 'The Real You'.

Psa 139:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Psa 139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Psa 139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. Psa 139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. Psa 139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. Psa 139:6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.

Siapakah Anda di mata Allah? Hati-hati dgn penilaianNya. Kadang yg kita rasakan berbeda dgn apa yg Dia nilai.

Mat 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Mat 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" 

Bisa jadi kita merasa sudah melakukan banyak hal, tapi ternyata tidak berarti di mata Tuhan.

2. Reputasi di mata Iblis.

Ada contoh tentang anak-anak Skewa. Bagaimana reputasi mereka di mata Iblis?

Act 19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?" Act 19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka. 

Bacalah buku "Pengejek Tuhan" oleh Stephen Hill. Dalam salah satu babnya diberi judul : Daftar Lucifer: Apakah anda dikenal di neraka? Dia menulis demikian.
  • Semua orang menginginkan namanya tercantum dalam kitab kehidupan. Tp saya juga menginginkan nama saya tertulis dalam suatu buku lain. Buku catatan Lucifer. Anda bisa bayangkan apakah iblis bangun pagi, sarapan, dan mulai memikirkanmu? Dan ketika kamu bangun apakah yang akan Iblis katakan tentang kamu. Dia bilang, 'Ya Ampun, dia sudah bangun lagi!'... Atau sebaliknya? 'Asyik dia sdh bangun, lets work together!!'
Iblis tidak maha tahu. Dia tidak bisa mengetahui perasaan dan pikiran kita. Tapi dia bisa melihat apa yg kita perbuat saat orang2 lain tidak ada yg melihat. Sehingga dia punya bahan untuk 'menuduh' kita, untuk dijadikan senjata dalam melawan kita.

1Pe 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

3. Reputasi di mata manusia.

Your God is what other see through you.

Apa yg kita lakukan akan mempengaruhi penilaian orang lain ttg Tuhan kita.

1Co 8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

1Co 8:13 Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

Paulus rela mengorbankan kesenangannya demi reputasi.

Ada beberapa hal yg membentuk reputasi kita:

1. Tindakan kita sehari2 (kebiasaan dlm melakukan sesuatu/menanggapi suatu peristiwa).
2. Perkataan sehari2 (reaksi yg terwujud dalam perkataan/tulisan)
3. Buah/karya/hasil yg muncul (anak rohani, nilai ujian, keadaan rumah tangga, dll)
4. Konsistensi dan proses yg lama.

Namun reputasi kita di hadapan manusia tidak selalu valid. Karena manusia hanya melihat hal2 yg bisa dilihat di tempat terang. Kita tidak boleh puas dengan good reputation yg diberikan manusia. Karena itu bisa menjadi jerat bagi kita.

Krn itu ada kalanya kita tidak harus memperhatikan reputasi kita di hadapan manusia apabila ada hal2 tertentu.

a. Kita hrs perhatikan reputasi di hadapan mns bila itu menyangkut citra Tuhan di hadapan manusia lain.

1Ti 3:2 A bishop must have a good reputation. He must have only one wife, be sober, use good judgment, be respectable, be hospitable, and be able to teach.

Cara hidup kita, cara berpakaian, cara bicara, jgn sampai jadi batu sandungan.

Mat 17:27 Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

Yesus memperhatikan reputasinya. Dia membayar pajak agar diriNya jangan dianggap sebagai pemberontak.

b. Tp kita hrs abaikan reputasi ini bila menyangkut pelanggaran thd hukum Tuhan. 

Adakalanya kita harus tidak mempedulikan reputasi kita di hadapan manusia. Contoh dari Yesus sendiri:

Mat 15:10 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka: Mat 15:11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang." Mat 15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?" Mat 15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya. Mat 15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang." 

Pada ayat 12 murid-murid Yesus mengingatkan Yesus agar tidak menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi. Tapi reaksi Yesus? Biarkan aja!!! Yesus bisa tidak mempedulikan reputasinya di hadapan manusia apabila menyangkut penegakan kehendak Allah.

Bgmn reputasi kita? di mata Allah, Iblis, manusia?

Eph 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

Sabtu, Maret 14, 2009

Do Many Things (3)

Ini seri ketiga dari renungan saya. Yang pertama 'Do Something', kedua 'Do Something Huge', ketiga 'Do Many Things' (buat pembaca blog ini, bacanya dari bawah ya..)

Mari kita naik ke level berikut...

Tuhan punya rancangan bahwa Anda dan saya bukan jadi orang yang biasa2 saja.

Jos 3:7 Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.
Jos 3:7 GOD said to Joshua, "This very day I will begin to make you great in the eyes of all Israel. They'll see for themselves that I'm with you in the same way that I was with Moses.

Disamping kita ahli dalam pekerjaan kita, Tuhan mau kita menjadi orang yang diatas rata2, bahkan menjadi orang yang multitalented, (ahli dalam melakukan banyak hal). Bagaimana cara agar bisa jadi orang yang multitalented? Sederhana kembangkan yang sudah dimiliki, maka Tuhan akan tambahkan yg lain.

Mat 25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. 16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. 17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. 19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. 21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 

Dari ayat tadi kita jg tahu bahwa ada saatnya Tuhan akan tagih modalnya.

Mat 25:19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 

Kapan? Hanya orang yg dekat sama Tuhan yg tahu. Karena itu kita hrs menjadi pribadi yg dekat dgn Tuhan lebih dulu. Kita tahu ketika Tuhan datang dan laporkan hasilmu. Darimana kita bisa lapor kalau kita gak pernah doa atau berkomunikasi dgn Tuhan. Yang paling utama, realistiskan hubungan kita dengan Tuhan. Cari Tuhan sbg pribadi. Caranya: Hati kita harus pulih dulu.

Mat 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. 

Mari kita belajar dari kehidupan Yosua. Yosua menerima pesan yang konsisten dari Tuhan dan sekitarnya. Tampaknya ia adalah orang yang dipenuhi ketidakpercayaan diri.

Jos 1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
Jos 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.
Jos 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."
Jos 1:18 Setiap orang yang menentang perintahmu dan tidak mendengarkan perkataanmu, apapun yang kauperintahkan kepadanya, dia akan dihukum mati. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu!"

Setelah hatinya kuat dan teguh, pulih... maka Yosua melakukan banyak hal. Ia adalah panglima perang, penulis, hakim, dan berpengaruh begitu besar. Dan peristiwa paling dasyat:

Jos 10:12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!" 13 Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 14 Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. 

Ada beberapa hal yg dia lakukan yg bisa kita tiru sehingga kita menjadi orang yg mampu melakukan banyak hal. Beberapa prinsip kehidupan Yosua:

1. Learn from Experience

Yosua adalah orang yg bisa belajar dr pengalaman.

Orang bodoh tidak mau belajar dari pengalamannya. 
Orang pintar belajar dari pengalaman sendiri. 
Orang bijak belajar dari pengalaman orang lain.


Jos 2:1 Yosua bin Nun dengan diam-diam melepas dari Sitim dua orang pengintai, katanya: "Pergilah, amat-amatilah negeri itu dan kota Yerikho." Maka pergilah mereka dan sampailah mereka ke rumah seorang perempuan sundal, yang bernama Rahab, lalu tidur di situ. 

a. Joshua sent 2 instead of 12.
Menurut saya, Yosua sudah belajar bahwa mengirim banyak orang tidak akan menghasilkan laporan yang baik. Yosua memilih orang yang tepat, tidak berdasarkan 'penjatahan', kuota, dll (bukan kayak presiden milih menteri... hehe...). Ini menentukan keberhasilannya. Bandingkan dengan kasus Musa mengirim 12 orang dari masing2 suku.

b. Strategi pengintaian dirubah.
Pengintai tidak sibuk mengamati kota, tp cukup mencari dari sumber terpercaya. Yaitu penduduk yang rumahnya ada di tembok kota. Pasti melihat persiapan pasukan, reaksi penduduk, ketakutan, dll). Mereka bertanya pada orang yang tepat.

Dalam hidup kita, Don't ask the wrong man, you'll get the wrong answer.
Belajarlah dari pengalaman.

2. Enthusiastic

Menjadi orang yang antusias. Perhatikan ayat2 berikut:

Jos 3:1 Yosua bangun pagi-pagi, lalu ia dan semua orang Israel berangkat dari Sitim, dan sampailah mereka ke sungai Yordan, maka bermalamlah mereka di sana, sebelum menyeberang.
Jos 6:12 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu para imam mengangkat tabut TUHAN.
Jos 8:10 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu diperiksanyalah barisan bangsa itu dan berjalanlah ia maju beserta para tua-tua orang Israel di depan bangsa itu ke Ai.


Cukup bukti bahwa Yosua ini org yang selalu bangun pagi2. Dia orang yang antusias.

Yesus menebus kita agar kita menjadi orang yang antusias.

Tit 2:14 He gave himself for us to set us free from every sin and to cleanse us so that we can be his special people who are enthusiastic about doing good things. (GW)
- energetic in goodness.(MSG)

Apapun yg kita kerjakan, kerjakan dgn baik, dan bersemangat!! Antusiasme Anda akan mempengaruhi orang.

contoh: Penelitian 'apricot'. Antusiasme Anda mempengaruhi respon org lain thd apa yang Anda tawarkan.

Dalam sebuah camp tentara Amerika, di ruang makan diadakan penelitian untuk meneliti hal diatas. Sebagai obyeknya dipakai buah aprikot (buah yang tidak terlalu disukai orang Amerika).
Peneliti berperan sebagai orang yang menunggui dan menawarkan apricot.
Hari pertama: Dia bertanya: "You don't want apricot , do you?" 90% jawab : NO I don't
Hari kedua: Dia bertanya sambil senyum dan bersuara keras: "You do want apricot, don't you?" 50% jawab: Yes sir.. I do
Hari ketiga: Dia bertanya, senyum, dan menepuk bahu: "How's your job..? c'mon you want one apricot or two apricot.. ?" 50% ambil 1 , 40% ambil 2

Rom 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

3. Focus on God

Yosua terus menerus bertanya pada Tuhan. Lewat mana Tuhan? Demikian juga kita. Jangan pakai pewahyuan yg sudah kadaluarsa. Jangan hanya punya pengalaman dgn Tuhan .. dulu...! Perbarui terus hub dgn Tuhan. Tuhan kita dinamis, jadi kita juga harus dinamis.

Rick Warren pernah berkata:
Happy moments, PRAISE GOD.
Difficult moments, SEEK GOD.
Quiet moments, WORSHIP GOD.
Painful moments, TRUST GOD.
Every moment, THANK GOD.

Fokusnya adalah Tuhan...

Do Something Huge (2)

Doing something is the first step, the next step is we have to do something huge.

Tuhan merancang manusia untuk melakukan pekerjaan yang besar.

Joh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; 
Joh 14:12 "I can guarantee this truth: Those who believe in me will do the things that I am doing. They will do even greater things because I am going to the Father.

Tokoh-tokoh di Alkitab adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan raksasa. Misalnya: Nuh membangun bahtera, Musa memimpin Israel keluar, Yosua merebut tanah perjanjian, Ester, Daud, Daniel, Paulus, dll.. banyak...

Kita akan belajar dari Daniel (Dan 6:4-12)

Dan 6:4 Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya. 5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. 6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!" 7) Kemudian bergegas-gegaslah para pejabat tinggi dan wakil raja itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ya raja Darius, kekallah hidup tuanku! 8) Semua pejabat tinggi kerajaan ini, semua penguasa dan wakil raja, para menteri dan bupati telah mufakat, supaya dikeluarkan kiranya suatu penetapan raja dan ditetapkan suatu larangan, agar barangsiapa yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, maka ia akan dilemparkan ke dalam gua singa. 9) Oleh sebab itu, ya raja, keluarkanlah larangan itu dan buatlah suatu surat perintah yang tidak dapat diubah, menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut kembali." 10) Sebab itu raja Darius membuat surat perintah dengan larangan itu. 11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya. 12) Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon kepada Allahnya.

Daniel punya 3 kualitas yang harus kita tiru:

A. Discipline

11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya. 

Daniel adalah org yg tertib dan disiplin. Dia doa, makan, kerja, dll dengan teratur, sehingga orang bisa melihat bahwa dia org yg tertib. Dan ternyata banyak orang merasa terancam krn ketertibannya. Saya bisa bayangkan bahwa pasti dia orang yang anti korupsi.

Orang yang disiplin pasti tunduk pada peraturan dan mau diajar. Perhatikan bahwa orang yang sudah sangat ahli pun butuh pelatih, sebut saja: David Beckham, Ronaldo, Michael Jordan, Tiger Woods.

Dalam disiplin juga terkandung ketertiban. Tertib mengatur waktu, menjalankan rencana, dll. Org yg tidak tertib waktu jarang yg mencapai sukses maksimal. Dalam kasus Zakheus (artikel d0 something) terlambat berkata ya = berkata tidak, begitu pula dalam banyak kasus kehidupan kita.

B. Commitment

Needs more than discipline to do something BIG

Daniel berada dlm lingkungan yg bukan habitatnya. Tapi dia tetap mengabdi, melakukan yg terbaik, do the best, dan dia commit dgn apa yg dia kerjakan. Sehingga:

5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. 

Menurut saya, komitmen adalah pernyataan kepada diri sendiri, untuk tidak berhenti melakukan sesuatu sampai berhasil.

Sebuah lembaga survei (AON), mengeluarkan sebuah alat ukur untuk mengukur komitmen pekerja dalam perusahaan (Worksforce Commitment Index). Dalam WCI ini terkandung beberapa pertanyaan yang dapat untuk kita pakai sebagai acuan, apakah kita orang yang punya komitmen, terhadap Tuhan, gereja, perusahaan, perkawinan kita?

Pertanyaannya:
1. Apakah anda merasa bertanggungjawab pada perusahaan atau pimpinanmu?
2. apakah anda bangga atas produk perusahaanmu?
3. apakah anda berusaha meningkatkan kinerjamu?
4. apakah anda berketetapan utk bekerja di perusahaan ini di tahun2 ke depan?
5. apakah anda akan merekomendasikan perusahaan ini sebagai tempat yg baik utk bekerja?
6. apakah anda akan tetap tinggal di perusahaan ini apabila ada tawaran gaji yg lebih baik? apakah anda tinggalkan perkawinanmu?
(disadur dari AON, Workforce Commintment Index)

Jadilah orang yg punya komitmen. Cintai tempat dimana Anda berkarya. Jadilah orang yang setia, commit,  mengabdi, melakukan yg terbaik.

C. Covenant

Bila disiplin itu tertib melakukan segala sesuatu, dan komitmen itu setia melakukan sesuatu sampai berhasil, maka covenant itu setingkat lagi lebih tinggi dari komitmen.

Dalam covenant, APAPUN yang terjadi baik itu gagal atau berhasil, i will stay. Aku akan terus melakukannya, aku akan terus membangun dan tidak menyerah. Covenant adalah kesetiaan yg total (kasarnya yg buta). APAPUN.. sukses atau gagal i will stay with you.

Contoh Covenant: 

Rut kepada Naomi, Rut berkata:
a. i will never leave you...
b. i will never turn away from you...c. i will go where you go, i will stay where you stay

Saya sendiri pernah mengeluarkan pernyataan di depan gembala gereja saya, bahwa jika seandainya semua orang keluar dari gereja ini (karena berbagai macam hal), dan hanya ada keluarga gembala saya yang tetap tinggal. Maka paling tidak masih ada satu keluarga lagi yaitu keluarga saya. Itulah covenant. I challange you to do this. 

Itu terhadap gereja dan gembala. Apalagi kepada Tuhan Yesus !!!
Beranikah saudara berkata:
- Seandainya aku sampai tua gak punya istri, aku tetap gak akan mencari yg tidak seiman!
- Seandainya usahaku bangkrut sampai dipenjara, aku gak akan ke dukun. Aku akan cari apa yg salah dlm diriku, di hadapan Tuhan.

Dalam kisah Rut, ada saudara (ipar) nya yg bernama Orpa.

Rth 1:14 Menangis pula mereka dengan suara keras, lalu Orpa mencium mertuanya itu minta diri, tetapi Rut tetap berpaut padanya.

Orpa: hanya 'pernah' melakukan covenant. Tapi orang yang hanya 'pernah' melakukan covenant adalah orang yang tidak covenant. Covenant berlaku seumur hidup. Sama seperti pernikahan.

Tuhan menuntut disiplin, komitmen, dan covenant Anda. Let's do something huge.

Jumat, Maret 13, 2009

Do Something (1)

Ada pekerjaan2 dimana manusia menganggap itu dilakukan utk manusia, tapi sesungguhnya itu dilakukan utk Tuhan.

Heb 13:2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

Mat 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Col 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Rom 14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

Dari ayat-ayat diatas, jelas bahwa ketika kita melakukan sesuatu, ternyata itu connect dgn Tuhan. Punya efek bagi Tuhan. Ternyata dalam relationship antar manusia hal ini juga berlaku lho. Kita pukul orang itu kita pukul Yesus.

Contoh nih: Paulus menganiaya Yesus.

Act 9:4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"

Lho... kapan Saulus menganiaya Yesus? Secara langsung gak pernah. Tapi Saulus menganiaya Yesus saat Saulus menganiaya murid-murid Yesus. 

Jadi jelas bahwa apa yang kita lakukan akan 'kena' juga ke Tuhan. Begitu juga sebaliknya, 'APA YANG TIDAK kita lakukan, berarti kita tidak lakukan jg utk Tuhan"

Dalam perumpamaan ttg talenta sangat jelas bahwa, kita harus 'do something' dgn talenta kita. jgn dikubur. Krn akan disebut hamba yg jahat. So... do nothing is a crime.. bagi Tuhan.

Ada sebuah kondisi yg pernah terjadi dalam Alkitab. sedemikian buruknya, sehingga orang2 memutuskan utk tidak terlibat dalam pelayanan, dalam Tuhan, dalam apapun, apatis, do nothing. Orang putus harapan, dan orang malas ikut2an.

Kita mau belajar betapa buruknya kondisi dimana orang memutuskan utk tidak terlibat, dengan alasan apapun.

Isa 3:6 Sehingga apabila seorang memegang saudaranya di rumah ayahnya dan berkata: "Engkau masih mempunyai jubah, jadilah pemimpin kami, dan reruntuhan ini di bawah kuasamu", Isa 3:7 maka pada waktu itu saudaranya akan menjawab: "Aku tidak mau menjadi tabib; di rumahku tidak ada roti dan tidak ada jubah; janganlah angkat aku menjadi pemimpin bangsa." 

Isa 3:6 One brother will grab another and say, 'You look like you've got a head on your shoulders. Do something! Get us out of this mess.' Isa 3:7 And he'll say, 'Me? Not me! I don't have a clue. Don't put me in charge of anything.' 

Semua berkata dia aja.... jangan aku... jangan libatkan aku dalam hal apapun...!!! Ternyata akibatnya bisa dasyat lho...

Isa 3:25 Your finest fighting men will be killed, your soldiers left dead on the battlefield. Isa 3:26 The entrance gate to Zion will be clotted with people mourning their dead-- A city stooped under the weight of her loss, brought to her knees by her sorrows. 

a. the best man will die
b. they left dead on the battlefield cause everyone is running.
c. the city will fall in the great loss.
Kalo kita gak terlibat, even the best man will die.... and the city will fall. (artinya pendetamu bisa mati muda, dan gerejamu bisa  bubar... hehe...)

Bagaimana cara kita menghindari terjadinya kejatuhan di atas? Semua orang harus 'Do Something'. Dimulai dari gerakan mencari Tuhan, dan mencari suaranya. Yuk kita belajar dari Zakheus:

Luk 19:1 Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. 2 Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. 3 Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. 4 Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. 5 Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." 6 Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. 7 Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." 8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." 9 Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. 10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." 

Do Something dalam kerajaan Tuhan. Caranya?

1. Find His Way

Cari kehendakNya, jalan-jalanNya, dan sesuaikan kehendakmu dengan kehendakNya.

ada 4 jenis orang:
a. Tidak tahu kehendak Tuhan dan tdk mau menyesuaikan
b. Tidak tahu kehendak Tuhan dan sebenernya mau menyesuaikan
c. Tahu kehendak Tuhan dan tidak mau menyesuaikan
d. Tahu kehendak Tuhan dan mau menyesuaikan.

Zakheus berhasil mencegat Tuhan, karena dia berusaha mencari tahu, Yesus mau lewat jalan yang mana.

2. Answer 'Yes' Immedietly

Tanggapi panggilan Tuhan dengan bersukacita dan seketika itu juga. Zakheus langsung merespon. Namun kadang manusia ada yg responnya, tunggu dulu, nanti, dll.

3. Know your Power

Kenali kekuatanmu dan berikan utk Tuhan. Zakheus tau kekuatannya di uang. Maka dia berikan uangnya. Ada org yg gak bisa apa2 selain memberikan persembahan. Itu sdh do something. Org pendiampun bila mengenali kekuatannya bisa membuat org bertobat.

Contoh : Sermon without a word (sumber: Bill Punch Line)
A member of a certain church, who previously had been attending Services regularly, stopped going. After a few weeks, the preacher Decided to visit him.
It was a chilly evening. The preacher found the man at home alone, Sitting before a blazing fire. Guessing the reason for his preachers Visit, the man welcomed him, led him to a comfortable chair near the Fireplace and waited.
The preacher made himself at home but said nothing. In the grave Silence, he contemplated the dance of the flames around the burning Logs. After some minutes, the preacher took the fire tongs, Carefully picked up a brightly burning ember and placed it to one Side of the hearth all alone then he sat back in his chair, still Silent.
The host watched all this in quiet contemplation. As the one lone Ember's' flame flickered and diminished, there was a momentary glow And then its fire was no more. Soon it was cold and dead. Not a word had been spoken since the initial greeting. The preacher Glanced at his watch and realized it was time to leave. He slowly Stood up, picked up the cold, dead ember and placed it back in the Middle of the fire. Immediately it began to glow, once more with the Light and warmth of the burning coals around it.
As the preacher reached the door to leave, his host said with a tear Running down his cheek, 'Thank you so much for your visit and Especially for the fiery sermon. I shall be back in church next Sunday.'
We live in a world today, which tries to say too much with too Little. Consequently, few listen. Sometimes the best sermons are The ones left unspoken.

Helen Adams Keller, seorang tunanetra yang bergerak dalam organisasi sosial, berkata:

I am only one, but still I am one
I cannot do everything, but still I can do something
And because i cannot do everything, I will not refuse to do something that I can do.

Do something in the kingdom of God.

Mengosongkan Diri

Sebelum eyang saya meninggal, kami sekeluarga menunggui di RS. Dan selama menunggui eyang, banyak sekali kesalahpahaman yg terjadi antar saudara. Sebenarnya kalau dipikir-pikir, semuanya itu mau yg terbaik untuk eyang. Tapi dasar pikiran dan pertimbangan kami berbeda-beda. Dan sulit sekali memang, untuk tetap berkepala dingin pada saat-saat menjelang orang yang kita kasihi dipanggil Tuhan. 

Dan akhirnya eyang saya meninggal. Ada kalimat yang diucapkan mami saya, yang berkesan dalam. Dia berkata, "Saya dapat pelajaran yg berharga. Bahwa semua yang ada di dunia ini tidak ada gunanya ketika ajal hampir tiba. Semua kebanggaan, dosa, kehidupan, kekayaan itu sampah!"

Saya jadi ingat ucapan Paulus, ...

Phi 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Phi 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, 

Seharusnya kesadaran ini kita dapatkan sebelum kita menjelang ajal. Sehingga kita bisa berbuat banyak bagi Tuhan.

Kosongkanlah dirimu.

Orang yang kosong bisa diisi
Orang yang kosong bisa dibentuk
Orang yang kosong bisa dipenuhi


Phi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Kenapa ada begitu banyak masalah di dunia ini? Kenapa ada banyak orang tidak bisa mengampuni? kenapa orang bisa terus menyimpan dendam dan menunggu kesempatan untuk membalas satu dengan yg lain?

KARENA TIDAK BISA MENGOSONGKAN DIRI. Karena selalu menganggap dirinya paling benar.

Tuhan saja sudah memberi contoh mengosongkan diriNya. Maka kebangetan kalau kita tidak bisa mengosongkan diri kita. Siapa sih kita, sehingga bisa menyombongkan diri dan tidak mau merendah???

Eph 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. 

Kamis, Maret 12, 2009

Apa reaksimu?

Reaksi seseorang terhadap suatu peristiwa akan menentukan apa yang dia dapat dari peristiwa itu. Sebuah peristiwa yang sama akan berakibat berbeda, tergantung dari reaksi orang-orang yang menghadapinya.

Ada sebuah contoh peristiwa dalam Alkitab dimana peristiwa itu berakibat berbeda dari 2 orang (kelompok orang) yang menghadapinya.

2Ki 6:24 Sesudah itu Benhadad, raja Aram, menghimpunkan seluruh tentaranya, lalu maju mengepung Samaria. 25 Maka terjadilah kelaparan hebat di Samaria selama mereka mengepungnya, sehingga sebuah kepala keledai berharga delapan puluh syikal perak dan seperempat kab tahi merpati berharga lima syikal perak.

Apakah situasi Anda sedang tertekan? kelaparan/hutang/sakit hati/kecewa/pekerjaan menumpuk/pelayanan menumpuk/tugas sekolah/dll..

Ingat... reaksi kita dalam menghadapinya menentukan hasil yang kita terima. Saya belajar dari tindakan raja & 4 orang kusta

Ada kemungkinan 2 tindakan

A. Tindakan raja …

2Ki 6:26 Suatu kali ketika raja Israel berjalan di atas tembok, datanglah seorang perempuan mengadukan halnya kepada raja, sambil berseru: "Tolonglah, ya tuanku raja!" 27 Jawabnya: "Jika TUHAN tidak menolong engkau, dengan apakah aku dapat menolong engkau? Dengan hasil pengirikankah atau hasil pemerasan anggur?"

Sekilas sepertinya memuji Tuhan dan merendahkan diri, tapi sebenarnya mengejek Tuhan. (Tuhan aja gak bisa, Dia kan yg membuat ini, mana mungkin aku menolong engkau?) Kata negatif, ketidakpercayaan, bahkan sebelum tahu persoalannya …

Reaksi raja:

1. Putus asa terlebih dahulu
... baru tanya persoalannya…

2Ki 6:28 Kemudian bertanyalah raja kepadanya: "Ada apa?" Jawab perempuan itu: "Perempuan ini berkata kepadaku: Berilah anakmu laki-laki, supaya kita makan dia pada hari ini, dan besok akan kita makan anakku laki-laki.

2. Marah dan menyalahkan orang lain

2Ki 6:31 Lalu berkatalah raja: "Beginilah kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih dari pada itu, jika masih tinggal kepala Elisa bin Safat di atas tubuhnya pada hari ini."

3. Menyalahkan Tuhan dan berontak kepadaNya.

2Ki 6:33 Selagi ia berbicara dengan mereka, datanglah raja mendapatkan dia. Berkatalah raja kepadanya: "Sesungguhnya, malapetaka ini adalah dari pada TUHAN. Mengapakah aku berharap kepada TUHAN lagi?"

4. Membawa pengaruh buruh terhadap bawahan

3 hal diatas akan menyebabkan ketumpulan terhadap berkat dan pertolongan Tuhan. Maka wajar ketika FIRMAN TUHAN datang kepada nabi, mereka tidak mendengarkannya.

2Ki 7:1 Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria."

Lihatlah reaksi mereka? Perhatikan bahwa bawahan raja tertular dengan ketidakpercayaan raja ... (hati-hati para pemimpin... Anda mempengaruhi bawahan Anda)..

2Ki 7:2 Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?" Jawab abdi Allah: "Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya."

Hati2 sebagai pemimpin, kita akan mempengaruhi bawahan kita. Ketika bawahan kita loyo, jangan tanyakan pada dirimu, kenapa dia begitu? tanyakan pada dirimu, apa yang saya perbuat sehingga dia begitu?!

B. Tindakan 4 orang kusta

2Ki 7:3 Empat orang yang sakit kusta ada di depan pintu gerbang. Berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Mengapakah kita duduk-duduk di sini sampai mati? 4 Jika kita berkata: Baiklah kita masuk ke kota, padahal dalam kota ada kelaparan, kita akan mati di sana. Dan jika kita tinggal di sini, kita akan mati juga. Jadi sekarang, marilah kita menyeberang ke perkemahan tentara Aram. Jika mereka membiarkan kita hidup, kita akan hidup, dan jika mereka mematikan kita, kita akan mati."

1. Menerima kenyataan,

2. Beradaptasi, dan segera menyiapkan diri dan mental

3. Bertindak …

2Ki 7:5 Lalu pada waktu senja bangkitlah mereka masuk ke tempat perkemahan orang Aram. Tetapi ketika mereka sampai ke pinggir tempat perkemahan orang Aram itu, tampaklah tidak ada orang di sana.

Ternyata ketika seseorang mau bertindak, Tuhan bekerja …

2Ki 7:6 Sebab TUHAN telah membuat tentara Aram itu mendengar bunyi kereta, bunyi kuda, bunyi tentara yang besar, sehingga berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Sesungguhnya raja Israel telah mengupah raja-raja orang Het dan raja-raja orang Misraim melawan kita, supaya mereka menyerang kita." 7 Karena itu bangkitlah mereka melarikan diri pada waktu senja dengan meninggalkan kemah dan kuda dan keledai mereka serta tempat perkemahan itu dengan begitu saja; mereka melarikan diri menyelamatkan nyawanya.

Berkat diterima karena : … menerima kenyataan, tidak menyalahkan orang lain, dan bertindak maju. TAPI HATI-HATI … KETIKA BERKAT DITERIMA ADA JUGA YANG HARUS DIPELAJARI

2Ki 7:8 Ketika orang-orang yang sakit kusta itu sampai ke pinggir tempat perkemahan, masuklah mereka ke dalam sebuah kemah, lalu makan dan minum. Sesudah itu mereka mengangkut dari sana emas dan perak dan pakaian, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya. Lalu datanglah mereka kembali, masuk ke dalam kemah yang lain dan mengangkut juga barang-barang dari sana, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya.

Berulang-ulang mereka menjarah harta lawan. Namun mereka tidak berhenti untuk mengenyangkan diri mereka sendiri. Mereka sadar dan mereka membagikan berkat itu kepada orang Israel yang sudah menista mereka.

4. Miliki hati yang ingin berbagi ..

2Ki 7:9 Lalu berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Tidak patut yang kita lakukan ini. Hari ini ialah hari kabar baik, tetapi kita ini tinggal diam saja. Apabila kita menanti sampai terang pagi, maka hukuman akan menimpa kita. Jadi sekarang, marilah kita pergi menghadap untuk memberitahukan hal itu ke istana raja." 10 Mereka pergi, lalu berseru kepada penunggu pintu gerbang kota dan menceritakan kepada orang-orang itu, katanya: "Kami sudah masuk ke tempat perkemahan orang Aram, dan ternyata tidak ada orang di sana, dan tidak ada suara manusia kedengaran, hanya ada kuda dan keledai tertambat dan kemah-kemah ditinggalkan dengan begitu saja." 11 Para penunggu pintu gerbang menyerukan dan memberitahukan hal itu ke istana raja.

Untung perkataan mereka didengar. Rakyat sebenarnya sudah dipulihkan. Sekarang tinggal tergantung raja. Mau dibawa kemana kerajaan ini..

Reaksi raja ..

2Ki 7:12 Sekalipun masih malam, raja bangun juga, lalu berkata kepada para pegawainya: "Baiklah kuterangkan kepadamu apa maksud orang Aram itu terhadap kita. Mereka tahu bahwa kita ini menderita kelaparan, sebab itu mereka keluar dari tempat perkemahan untuk menyembunyikan diri di padang, sambil berpikir: Apabila orang Israel keluar dari dalam kota, kita akan menangkap mereka hidup-hidup, kemudian kita masuk ke dalam kota."

Raja... tetap tidak percaya. Untung ada pegawai yang benar dan berani bicara. Orang seperti inilah yang dibutuhkan para pemimpin.

2Ki 7:13 Lalu salah seorang pegawainya menjawab: "Baiklah kita ambil lima ekor dari kuda yang masih tinggal di dalam kota ini; tentulah keadaannya seperti seluruh khalayak ramai Israel yang sudah habis mati itu! Biarlah kita suruh saja orang pergi, supaya kita lihat." 14 Sesudah itu mereka mengambil dua kereta kuda, kemudian raja menyuruh mereka menyusul tentara Aram sambil berkata: "Pergilah melihatnya!"

Dan Raja mendengarkannya. Pemimpin tidak membutuhkan 100 orang yang hanya bisa bilang ya dan membungkuk2. Pemimpin hanya butuh 1 orang pegawai yang BERANI berkata benar dan menyarankan hal yang benar. Mungkin itu akan menyelamatkan jiwanya. Bila anda pemimpin, dan punya seorang pegawai yg berani berkata benar (walaupun kadang dianggap kurang ajar). Jangan disia-siakan. Justru dia hartamu yg paling berharga.

Apapun pilihan tindakan Anda …

C. FIRMAN TUHAN DIGENAPI

… berkat melimpah

2Ki 7:15 Lalu pergilah mereka menyusul orang-orang itu sampai ke sungai Yordan, dan tampaklah seluruh jalan itu penuh dengan pakaian dan perkakas yang dilemparkan oleh orang Aram pada waktu mereka lari terburu-buru. Kemudian pulanglah suruhan-suruhan itu dan menceritakan hal itu kepada raja. 16 Maka keluarlah penduduk kota itu menjarah tempat perkemahan orang Aram. Karena itu sesukat tepung yang terbaik berharga sesyikal dan dua sukat jelai berharga sesyikal, sesuai dengan firman TUHAN.

atau … hukuman datang

2Ki 7:17 Adapun raja telah menempatkan perwira yang menjadi ajudannya itu mengawasi pintu gerbang, tetapi rakyat menginjak-injak dia di pintu gerbang, lalu ia mati sesuai dengan perkataan abdi Allah yang mengatakannya pada waktu raja datang mendapatkan dia. 18 Dan terjadi juga seperti yang dikatakan abdi Allah itu kepada raja: "Dua sukat jelai akan berharga sesyikal dan sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal, besok kira-kira waktu ini di pintu gerbang Samaria." 19 Pada waktu itu si perwira menjawab abdi Allah itu: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?", tetapi Elisa berkata: "Sesungguhnya engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya." 20 Demikianlah terjadi kepada orang itu: Rakyat menginjak-injak dia di pintu gerbang, lalu matilah ia.

Mau jadi siapa kita? Raja atau 4 orang kusta? Mau terima apa? berkat atau hukuman? pilih sendiri....